Minggu, 20 Maret 2016

TIPS DAN POLA HIDUP SEHAT

SI AJAIB KELOR

SI AJAIB KELOR

( KHASIYAT KELOR )

SELAYANG PANDANG

       Pepatah mengatakan " Dunia tak selebar daun kelor ", rasanya sudah menjadi sebuah ungkapan yang biasa di utarakan di masyarakat kita, itu ada benarnya, sebab daun kelor memang memiliki bentuk yang kecil dan memang tidak lebar, akan tetapi dibalik bentuknya yang kecil itu daun kelor ternyata memiliki ratusan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan kita.
Daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman ajaib yang dapat digunakan sebagai obat herbal segala penyakit. Kandungan vitamin C daun kelor lebih banyak dari sayur maupun buah lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A dan potasium dalam daun kelor sangat tinggi. Tidak heran jika daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib yang sangat bagus untuk tubuh. Bahkan pohonyapun yang dinamakan galeh kelor memiliki nuansa keajaban khusus yang memiliki aura magis supranatural bagi mereka yang mempercayainya. Tiap pohon kelor tidak mesti ada galehnya, karena timbul galehnya pohonya sudah terbilang tua pada lapisan didalam pohon batangnya ada galeh atau kayu yang warnanya coklat kehitam-hitaman, ini menurut leluhur kita dibilang ajaib dan langka.

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang agak keras yang disebut kelentang.  
Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay
Batang berkayu (lignosus), tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar; percabangan simpodial, arah cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang. Daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal (imparipinnatus), helai daun saat muda berwarna hijau muda. Buah berbentuk panjang bersegi tiga, panjang 20 - 60 cm; buah muda berwarna hijau - setelah tua menjadi cokelat, bentuk biji bulat - berwarna coklat kehitaman, berbuah setelah berumur 12 - 18 bulan. Akar tunggang, berwarna putih, membesar seperti lobak.

Perbanyakan bisa secara generatif (biji) maupun vegetatif (stek batang). Tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian 1000 m dpl, banyak ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah atau ladang.
Penelitian terhadap khasiyat atau manfaat tanaman mulai dari daun, kulit batang, buah sampai bijinya, sejak awal tahun 1980-an telah dimulai. Ada sebuah laporan hasil penelitian, kajian dan pengembangan terkait dengan pemanfaatan tanaman kelor untuk penghijauan serta penahan penggurunan di Etiopia, Somalia, dan Kenya oleh tim Jerman, di dalam berkala Institute for Scientific Cooperation, Tubingen, 1993. Laporan tersebut dikhususkan terhadap kawasan yang termasuk Etiopia, Somalia, dan Sudan, karena sejak lama sudah menjadi tradisi penduduknya untuk menanam pohon kelor, mengingat pohon tersebut dapat menjadi bagian di dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan sayuran, bahan baku obat-obatan, juga untuk diperdagangkan. 
Periset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor memang berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati. Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, misalnya luka usus dan luka lambung. “Bagian apa pun yang dipakai aman asal memperhatikan caranya,” ujar alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Minumlah rebusan daun kelor selagi air hangat. Sebab, efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat.
Menurut Dr. Paulus Wahyudi Halim di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, kelor memiliki energi dingin. Herbal seperti itu cocok untuk mengatasi penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.

KANDUNGAN

       Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya. Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Daun kelor memiliki kandungan senyawa aktif yang diduga berfungsi sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Dengan kandungan senyawa aktif tersebut menunjukkan daun kelor dapat berfungsi sebagai antidiabet, antioksidan dan antitumor.
Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, potasium tiga kali lebih banyak daripada pisang, vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel dan mengandung kalsium empat kali lebih banyak daripada kalsium susu.



Perbandingan vitamin-vitamin yang terdapat dalam daun kelor segar dengan daun kelor yang telah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk (tepung) dalam satuan berat yang sama, lihat tabel seperti di bawah ini :


Selain perbandingan vitamin yang dimiliki daun kelor segar dan daun kelor kering yang telah dibuat dalam bentuk serbuk. Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor lebih rendah dan kandungan zat besi lebih tinggi, seperti pada tabel berikut ini :

Unsur asam amino yang dikemukan pada kolom daun segar dalam tabel diatas menggambarkan kandungan asam amino dalam tiap 100 gr daun kelor segar yang dikemukakan dari penemuan C.Gopalan, et al dalam setiap gr nitrogen yang telah dilakukan di National Institute of Nutrition in Hyberabad, India.

Sementara informasi mengenai kandungan gizi daun kelor yang kering merupakan hasil analisa Lowell J. Fuglie yang didukung oleh Church World Service and The Departmentof Engineering the University of Leicester and perfomed by Campden & Chorleywood Food Research Association in Gloucestershire, Inggris.

Daun adalah bagian paling bergizi dari tanaman kelor sendiri, merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium dan protein antara nutrisi lain yang telah diteliti di lab. oleh USDA. Jika dibandingkan dengan makanan umum, daun kelor sangat tinggi dalam kandungan nutrisi nya :
Perbandingan kandungan kelor dan makanan lainnya



Menurut Dr. Paulus Wahyudi Halim di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, kelor memiliki energi dingin. Herbal seperti itu cocok untuk mengatasi penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.
Cara pemakaian nya dengan merebus 3 tangkai pada segelas air setelah itu minum airnya hangat hangat
Khasiat Kelor Memerangi Kekurangan Gizi
Manfaat daun kelorPohon dan daun kelor telah digunakan untuk memerangi kekurangan gizi, terutama pada bayi dan ibu menyusui. Berbagai lembaga LSM internasional Trees for Life, Educational Concerns for Hunger Organization, dan Volunteer Partnerships for West Africa – telah menganjurkan kelor sebagai solusi mengatasi kelaparan. Salah satu penulis menyatakan bahwa kelor adalah nutrisi alami untuk daerah tropis. “Moringa atau kelor sekarang begitu terkenal sehingga tampaknya tidak ada keraguan dari manfaat kesehatan yang besar untuk direalisasikan oleh konsumsi serbuk daun kelor dalam situasi di mana kelaparan sudah makin dekat” Kelor sangat menjanjikan sebagai sumber makanan di daerah tropis karena pohon memiliki daun yang penuh pada musim kering dan ketika makanan lain biasanya langka. 
Daun kelor terus dilakukan penelitian untuk mengungkapkan sifat potensi nutrisi dan fitokimia, termasuk di antaranya efek antibakteri secara in vitro, toleransi glukosa meningkat pada model tikus diabetes, penghambatan Epstein-Barr aktivitas virus in vitro dan pengurangan papiloma kulit pada tikus.
Keunggulan daun kelor terletak pada kandungan nutrisinya yang luar biasa, terutama golongan mineral dan vitamin. Setiap 100 g daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A. Dua kali lebih tinggi dari bayam dan tigapuluh kali lebih tinggi dari buncis. Daun kelor juga tinggi kalsium, sekitar 440 mg/100 g, serta fosfor 70 mg/100 g.
Organisasi WHO juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib
Setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia. National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.
Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor. Perbandingan gram, daun kelor mengandung:
7 x vitamin C pada jeruk 4 x calcium pada susu 4 x vitamin A pada wortel 2 x protein pada susu 3 x potasium pada pisang

MANFAAT UNTUK KEHIDUPAN DAN LINGKUNGAN

       Di kawasan Arba Minch dan Konso Afrika, pohon kelor justru digunakan sebagai tanaman untuk penahan longsor, konservasi tanah, dan terasering. Sehingga pada musim hujan walau dalam jumlah yang paling minimal, jatuhan air hujan akan dapat ditahan oleh sistem akar kelor, dan pada musim kemarau “tabungan” air sekitar akar kelor akan menjadi sumber air bagi tanaman lain. Juga karena sistem akar kelor cukup rapat, bencana longsor jarang terjadi.

Sekilas mirip dengan daun katuk, bentuknya bulat dan berwarna hijau. Tanaman daun kelor merupakan pohon berkayu yang tingginya bisa mencapai 6 meter. Biji tanaman kelor yang sudah tua bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air sumur yang keruh.
Sedangkan daun kelor enak dimakan menjadi beragam masakan. 
Aroma daun kelor agak langu, namun aroma berkurang ketika daun mudanya diolah menjadi sayur bening atau sayur bobor.
Pohon ini banyak ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah atau ladang, untuk menjaga erosi dan penghijauan lingkungan
Kebiasaan masyarakat di jawa, Buah kelor yang berbentuk segitiga memanjang biasanya disebut kelentang, juga dapat disayur asem yang enak rasanya dan segar.
Memang berbagai bagian dari tanaman kelor bisa dimakan. Cara memanfaatkan kelor juga sangat bervariasi, mulai dari biji polong muda atau disebut “stik drum”, sangat populer di Asia dan Afrika. Untuk bagian daun kelor, dimanfaatkan khususnya di Kamboja, Filipina, India Selatan dan Afrika. Biji matang, dan minyak dari biji serta akar kelor.
Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan. Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

KHASIYAT

Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengkonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Tahukah anda bahwa daun, biji, dan ekstrak akar tumbuhan kelor dapat menyembuhkan penyakit kanker? Menurut website Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering, “Studi in vitro dan hewan menunjukan bahwa daun, biji, dan ekstrak akar kelor memiliki kemampuan antikanker. Kelor memiliki kandungan sekitar 46 antioksidan yang berbeda.” Adapun khasiyatnya sebagai berikut :
  • Antioksidan dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu daun kelor mengandung potasium yang banyak. Salah satu manfaat dari daun kelor yaitu dapat mencegah kanker. Manfaat daun kelor untuk kanker yaitu dapat memperlambat bahkan menghentikan dan menghilangkan kanker yang ada dalam tubuh.
  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  • Menyegarkan mata dan otak
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh
  • Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  • Memperindah kulit
  • Memudahkan pencernaan
  • Memelihara sistem imunitas tubuh
  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  • Bersifat anti-peradangan
  • Menenangkan syaraf-syaraf pusat
  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  • Mendukung kadar gula normal tubuh. Manfaat daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Makan sayur daun kelor juga dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.
  • Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).


Uraian seluruh bagian dari tanaman kelor untuk kesehatan.
Akar
Sebagai obat dalam, air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, dan gonorrhoea. Akar tanaman kelor ini juga dikenal sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau obat batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang. Tumbukan halus akar kelor dapat dibuat bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit, serta sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.
Kulit Batang
Berdasarkan hasil riset, kulit batang kelor mujarap sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang ekor, dapat mengatasi pembengkakan, sariawan, dan karang gigi.
Buah
Buah kelor diketahui mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat.

Bunga
Air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, flu dan cacingan.
Biji
Biji kelor dapat dipakai sebagai penjernih air. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.
Cara meramu Daun Kelor Sebagai Obat Herbal Alami
  1. Rematik, Nyeri dan Pegal Linu. Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.
  2. Tumor, kangker dan peradangan atau infeksi dengan merebus 3 tangkai pada segelas air setelah itu minum airnya hangat hangat
  3. Sakit Mata. Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.
  4. Cacingan. Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.
  5. Alergi. Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.
  6. Herpes,Kurap dan Luka Bernanah. Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.
  7. Menghilangkan Flek Wajah. Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.
  8. Penghancur Batu Ginjal. Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.
  9. Untuk meredakan panas/demam anak, jika anak yang  mengalami panas atau demam, buatkan dulu sayur bening daun kelor muda berikut buah mudanya setelah dingin bacakan surat Al_fatihah 7 kali dan dihembuskan kedalam sayur bening daun  kelor. Biasanya setelah disuapi sekali – dua kali dengan sayur daun kelor dan tidur, panas atau demamnya akan reda. Mengenai rasa, setelah dimasak, daun kelor tak beda dengan daun katu, sedangkan buah mudanya mirip dengan rasa kacang panjang, namun lebih manis.
  10. Sukar Buang Air Kecil
    Bahan: 1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama;
    Cara Membuat: Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring.
    Cara menggunakan: diminum setiap hari.
  11. Sakit Kuning
    Bahan: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau;
    Cara Membuat: Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata.
    Cara menggunakan: diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.
  12. Rabun Ayam
    Bahan: 3 gagang daun kelor;
    Cara Membuat: Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata.
    Cara menggunakan: diminum sebelum tidur.
  13. Untuk pasca setrok, berdasar pengalaman kami melakukan therapi untuk pemijatan dari ramuan daun 3 gagang, batang serta kulit 3 batang, akar kelor 3 batang, ditambah dengan jahe merah, kencur dan asam jawa, semua ditumbuk halus dan dicampur sedikit air panas, Lebih baik juga ditambah minyak zaitun. Baru dioleskan dibagian yang sakit dan pada titik syaraf tertentu.
  14. Biduren (alergi)
    Bahan: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya;
    Cara Membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
  15. Untuk gegar otak, pasca operasi gegar otak karena kecelakaan, kami pernah memberikan beberapa pasien setelah dioperasi dan dibantu dengan cara sbb :
    Bahan: 3 gagang daun kelor, daun binahong 7 lembar, kunir putih 3 ibu jari diris tipis-tipis
    Cara Membuat: Daun kelor dan bahan lainnya dimasak dengan 3 gelas air sampai mendidih dan disaring. Jadikan 2 bagian untuk diminum pagi dan sore, campurkan setiap minum dengan madu hitam yang asli dan diaduk sampai merata. Lakukan setiap hari
  16. Untuk diabetes melitus, yang masih gejala maupun yang kadar gulanya tinggi, minumlah teh daun kelor secara rutin, telaten dan sabar
  17. Hipertensi dan atau setrok, carilah benalu kelor ambil daunnya bila besar 3 lembar kalau kecil 7 lembar, 3 gagang daun kelor, 3 siung bawang putih di iris tipis, daun sambiloto 11 lembar, direbus jadi 1 dengan 3 gelas air aqua, saring diminum 3 kali sehari dengan 1 sendok madu hitam, jangan lupa berdoa dan rileks pikiran. 

Cara Membuat Teh Herbal Daun Kelor
  1. Pertama, cuci beberapa daun di bawah air leding selama beberapa waktu
  2. Setelah itu, tiriskan daun menggunakan kain hingga benar-benar kering.
  3. Sekarang didihkan air, dan masukkan daun dalam panci mendidih. Masak sekitar 1 menit saja.
  4. Saring airnya dan tempatkan daun yang sudah dimasak pada kain bersih lagi.
  5. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah untuk menjaga daun ini di tempat yang gelap dan kering selama sekitar satu minggu lebih untuk dikeringkan.
  6. Dan setelah benar-benar kering, seduh dalam air mendidih untuk membuat teh.
Methode pengeringan lain :
Metode pengeringan dengan menggunakan oven :
  • Siangi daun kelor dari tangkainya dan kumpulkan pada loyang kue (jangan terlalu penuh).
  • Nyalakan oven dengan temperatur maximum 60° Celcius.
  • Masukkan loyang berisi daun kelor ke dalam oven.
  • Panggang hingga mengering (± 1 jam).
  • Agar lebih cepat, aduk setiap 20 menit sekali.
  • Setelah kering, daun dapat dihancurkan langsung dengan cara meremasnya.
  • Simpan dalam toples atau wadah kedap udara.
Metode pengeringan dengan cara diangin-anginkan :
  • Siangi daun kelor dari tangkainya dan letakkan pada wadah bambu (Sunda : tetampah).
  • Letakkan pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung dan cukup angin.
  • Aduk daun kelor setiap 12 jam sekali untuk menjadikan proses pengeringan merata.
  • Jika keadaan cuaca tidak hujan, daun akan mengering dalam waktu 1 – 2 minggu.
  • Parut / blender daun yang telah kering agar berbentuk serpihan kecil.
  • Simpan dalam toples atau wadah kedap udara.
Keterangan :
Setiap satu sendok teh daun kelor kering, dapat diseduh dengan 300- 350 mililiter air panas (1 gelas), kemudian diminum setelah dingin sebagaimana teh pada umumnya. Agar lebih mudah memisahkan antara ampas dari air seduhan, dapat menggunakan teko untuk menyeduh teh yang memiliki wadah tempat menaruh daun agar tidak bercampur air seduhan.
Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan menggunakan coffee maker. Cukup menaruh daun kelor pada wadah untuk meletakkan bubuk kopi, nyalakan dan tunggu hingga selesai.

Khasiat Teh Daun Kelor

Disini Anda akan tahu apa manfaatnya minum teh kelor secara teratur, untuk dapat menambah kesehatan Anda. Sebelum saya memulai, penting untuk ditahui bahwa manfaat teh ini berasal dari tanaman antijamur, antibakteri, antioksidan, antispasmodik, anti ulkus, dan sifat anti-inflamasi. Dan karena semua sifat tersebut, teh kelor adalah obat alami yang diterima secara luas untuk beberapa penyakit, seperti :
Teh ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu dalam membangun serat kolagen dalam kulit, sehingga membantu dalam mengurangi kerutan dan tanda-tanda yang berkaitan dengan usia dan penuaan.
Hal ini dikenal karena kemampuannya untuk penyembuhan luka, memelihara jaringan kulit dan menggantikan yang rusak. Manfaat ini berasal dari daun yang kaya vitamin C, antioksidan kuat.
Teh kelor merupakan obat alami yang efektif untuk meningkatkan penglihatan dan mengasah otak juga. Karena teh kelor sarat dengan antioksidan, manfaat tersebut merupakan hasil yang jelas.
Orang-orang yang menikmati minum teh secara teratur, diketahui mengalami peningkatan tingkat metabolisme, dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal.
Orang yang mudah lelah mungkin sangat merasakan manfaat dengan minum teh ini, karena membantu dalam mempromosikan energi.
Peningkatan pencernaan adalah salah satu manfaat dari minum teh ini dimana banyak orang telah dijamin kebenarannya. Juga, penyakit seperti mual, diare dan pilek dapat dengan mudah ditangani, dengan bantuan teh herbal ini.
Senyawa aktif dalam daun kelor yang dibuat teh, membantu dalam meningkatkan sistem peredaran darah tubuh.
Zat anti-inflamasi dari daun, seperti disebutkan di atas, membantu orang yang menderita arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.
Dan salah satu manfaat utama dari teh dikaitkan dengan peningkatan pengaturan glukosa dalam tubuh dengan demikian,  teh daun kelor besar manfaatnya bagi orang yang menderita diabetes.
Menurut para ahli, daun pohon ini memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk, lebih banyak kalsium dibandingkan susu, lebih banyak vitamin A dibandingkan wortel, lebih banyak kalium dibandingkan pisang, dan protein lebih dari apa yang ada di susu.
Mengingat semua manfaat ini, tak heran teh kelor dan produk lainnya dari pohon ini telah menerima begitu banyak penghargaan dari orang di seluruh dunia. Jadi tanamlah pohon kelor di lingkungan anda sendiri, atau di halaman belakang rumah anda, dan nikmati berbagai macam khasiatnya untuk kesehatan Anda serta keluarga dengan selalu menyediakan dan mengkonsumsi SI AJAIB KELOR.

KHASIYAT UNTUK THERAPI NON MEDIS

Yakni Khasiat Daun Kelor untuk Penyakit Psikis (kejiwaan), gangguan jin dan serangan sihir
Sama seperti herba lainnya (asam jawa "sanaa", daun bidara, daun sirih, daun kapuk, garam) daun kelor bisa juga digunakan untuk penyakit non fisik, berikut ini pembahasannya :
1. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu, Pegal akibat sihir atau pengaruh ghaib lain
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang menghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik. pasien sihir yang mengalami sakit seperti ditusuk-tusuk, terbakar  Insya Allah akan sembuh dengan membalurkan daun kelor yang sudah dilumat halus (sudah dibacakan dan diasmaai ayat suci al quran dan do'a ) lalu ditempelkan ditempat yang nyeri.
2. Membantu menyembuhkan kesurupan
Cara mengobatinya dengan mengambil daun Kelor, lalu diremas dibacakan S Al fatikah, S Ihlas, S Al Falaq, S An naas, ayat kursi 7 kali, Ayat N Sulaiman,Takbir,dll,lalu ditiupkan diremasan daun kelor dan dibalurkan di semua persendian pasien dan dimasukkan kemulut pasien Insya Allah akan menyedot semua kekuatan jin yang menyurupi pasien.


3. Menetralkan segala macam bentuk susuk, gangguan jiwa, ilmu metafisik/kesaktian, tenaga dalam, santet, tenung, guna-guna
Daun kelor muda ditumbuk, diberi sedikit air yang sudah diruqyah lalu dibalurkan ditempat susuk berada, atau dibuat mandi dengan menumbuk halus daun kelor lalu dimasukkan kedalam baskom, setelah itu bacakan ayat-ayat penolak sihir lalu dibuat mandi selama minimal 7 hari berturut-turut.
Tehnik lainnya adalah Didihkan air panas lalu matikan apinya, setelah itu masukkan daun kelor dan tutup  sampai dingin sendiri lalu tiriskan, air sari daun kelor lalu dibacakan Surat2 seperti diatas,  ayat-ayat syifa lalu diminum setiap pagi,siang dan malam hari.
4. Menyembuhkan segala bentuk sakit kulit akibat santet/sihir
Daun kelor muda ditumbuk, diberi sedikit air yang sudah asmaai secara khusus lalu dibalurkan ditempat sakit kulit akibat sihir berada, atau dibuat mandi dengan menumbuk halus daun kelor lalu dimasukkan kedalam baskom, setelah itu bacakan ayat-ayat penolak sihir lalu dibuat mandi selama minimal 7 hari berturut-turut.
 Tehnik lainnya adalah Didihkan air panas lalu matikan apinya, setelah itu masukkan daun kelor dan tutup 

Sumber : Wiki, dan artikel lainnya


DETEKSI TUMOR PAYUDARA

DETEKSI KANKER PAYUDARA

  TUMOR PAYUDARA adalah benjolan abnormal yang terdapat pada payudara. Tumor terbagi atas tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas payudara disebut sebagai kanker payudara.  


Penyakit Tumor Payudara merupakan penyakit tumor pada jaringan payudara. Tumor ini paling umum menyerang wanita, walaupun laki-laki juga punya potensi terkena akan tetapi kemungkinan sangat kecil dengan perbandingan 1 diantara 1000. Tumor ini terjadi karena pada kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali, atau Tumor payudara sering didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Di Indonesia, penyakit kanker payudara masih menjadi penyakit mematikan nomor satu pada perempuan.
Tumor payudara umumnya dapat disebabkan oleh faktor genetik atau ada riwayat keluarga yang mengalami penyakit kanker payudara, terkena radiasi ionisasi ketika sebelum dan sesudah pubertas, mengonsumsi terlalu banyak lemak atau serat, merokok dan minum alkohol, payudara sering dipencet atau diremas dan masih banyak lagi.
Pada umumnya gejala awal dari tumor payudara adalah berupa benjolan yang tidak terasa nyeri dan bentuknya kecil, tetapi lama kelamaan bertambah besar dan kemudian melakat pada kulit serta menimbulkan perubahan pada warna kulit payudara dan puting susu. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa gejala klinis tumor payudara :
  1. Adanya benjolan pada payudara
  2. Kulit atau puting susu tertarik kedalam
  3. Terjadi perubahan pada kulit payudara, berwarna merah muda atau kecoklatan hingga menyerupai kulit jeruk
  4. Keluarnya cairan dari puting susu secara tiba-tiba dan tidak normal yaitu cairan encer berwarna merah atau coklat
  5. Timbulnya borok dipayudara yang semakin lama semakin membesar, yang ahirnya akan menghancurkan seluruh payudara. Dan hal ini biasanya ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  • Pendarahan pada puting susu
  • Timbul rasa sakit/ nyeri apabila tumor sudah besar
  • Timbulnya pembesaran kelenjar getah bening diketiak, bengkak pada lengan hingga kanker menyebar keseluruh tubuh

Pencegahan secara alami meliputi :

1. Berolah raga secara teratur.

Penelitian menunjukkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas,
maka resiko kanker payudara akan berkurang. Berolah raga akan
menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi
resiko kanker payudara.

2. Kurangi lemak.

Anda tentu sudah sering mendengar pertentangan pendapat mengenai
hubungan antara kanker payudara dengan makanan berlemak. Beberapa
penelitian menunjukkan bahwa diet rendah lemak membantu mencegah
kanker payudara. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa tidak ada
hubungan antara lemak dan kanker payudara.. Penelitian terakhir
menyatakan bahwa yang lebih penting adalah jenis lemaknya bukan
jumlah lemak yang dikonsumsi.

Jenis lemak yang memicu kanker payudara adalah lemak jenuh dalam
daging, mentega, makanan yang mengandung susu full-cream (whole-milk
dairy foods) dan asam lemak dalam margarin.

Sedangkan jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara adalah
lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan
salmon dan ikan air dingin lainnya.

Lemak jenuh dalam daging dan produk susu dan asam lemak dalam
margarin meningkatkan kadar estrogen dalam darah, sedangkan lemak tak-
jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan tidak
menyebabkan kenaikan kadar estrogen dalam darah.

3.Bila anda mengkonsumsi daging, jangan dimasak terlalu matang.

Terlepas dari lemak jenuh yang terdapat dalam daging, cara anda
memasak daging akan mempengaruhi resiko kanker payudara. Daging-
daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik
(amino heterosiklik). Semakin lama dimasak, semakin banyak senyawa
ini terbentuk. Amino heterosiklik paling banyak terdapat dalam daging
bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.

4.Makan lebih banyak buah dan sayuran.

Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang
resiko untuk semua kanker, termasuk kanker payudara.

Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi,
diantaranya vitamin A, C, E dan mineral selenium, yang dapat mencegah
kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker. National
Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan
sayuran paling tidak 5 (lima) kali dalam sehari. Tapi harus dihindari
buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, seperti kentang goreng
atau pai dengan krim pisang.

5. Mengkonsumsi suplemen anti-oksidan.

Suplemen tidak dapat menggantikan buah dan sayuran, tetapi suatu
formula anti-oksidan bisa merupakan tambahan makanan yang dapat
mencegah kanker payudara.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDuKwpDxX3EFqTv7mJiYfAVCVEB1LQBkPr0-RvIebsu-oajcYXm_6Ou0aKxti6A24BVbYBOdHY7AnHVeV_DsqH0LAJffFECvAyHgPTQyKcdg2xMwRRKR5PB_Om7iww9LJ1cDViPSN0UZE/s200/penyakit+tumor+payudara.jpg

6. Makan lebih banyak serat.

Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga
mengandung banyak serat. Makanan berserat akan mengikat estrogen
dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan
berkurang.

7. Makan lebih banyak tahu dan makanan yang mengandung kedelai.

Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen
tumbuhan (fito-estrogen). Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini
mirip dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen terikat
pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar
dari sel payudara sehingga mengurangi efek pemicu kanker payudara.

Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor,
makanan berkedelai juga mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.




8. Makan lebih banyak kacang-kacangan.

Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terdapat dalam jenis kacang-
kacangan lainnya.

9. Hindari alkohol.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi
alkohol, maka resiko kanker payudara semakin bertambah karena alkohol
meningkatkan kadar estrogen dalam darah.

10. Perhatikan berat badan anda.


Kenaikan berat badan setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah
resiko kanker payudara. Ini disebabkan karena sejalan dengan
bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon pemicu
kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.



11. Hindari xeno-estrogens.

Xeno-estrogen maksudnya estrogen yang berasal dari luar tubuh.

Perempuan mengkonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang
berasal dari residu hormon estrogenik yang terdapat dalam daging dan
residu pesitisida estrogenik. Diduga xeno-estrogen bisa meningkatkan
kadar estrogen darah sehingga menambah resiko kanker payudara.

Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen adalah dengan
mengurangi konsumsi daging, unggas (ayam-itik) dan produk susu (whole-
milk dairy product).

Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan banyak makan buah dan
sayuran, karena efek anti-oksidan dan kandungan seratnya lebih
banyak daripada efek residu pestisidanya.

12. Berjemur dibawah sinar matahari.

Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (Melanoma maligna)
menjadikan kita takut akan sinar matahari. Tetapi sedikit sinar
matahari dapat membantu mencegah kanker payudara, karena pada saat
matahari mengenai kulit, tubuh membuat vitamin D. Vitamin D akan
membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi
resiko kanker payudara. Agar bisa memperoleh sinar matahari selama 20
menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada
siang hari atau sore hari. Tetapi bila anda ingin mendapatkan kalsium
atau vitamin D tidak dari sinar matahari, anda dapat mencoba
mengkonsumsi makanan suplemen.

13. Jangan merokok.

Merokok akan meningkatkan resiko kanker payudara.

14. Menyusui/memberikan ASI kepada anak anda

Untuk alasan yang masih belum jelas, menyusui berhubungan
dengan berkurangnya resiko kanker payudara sebelum masa menopause.

15. Pertimbangkan kembali sebelum menggunakan terapi pengganti hormon
(Hormone Replacement Therapy = HRT).

Ada beberapa alasan bagus untuk melakukan HRT sesudah masa
menopause, yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis dan
penyakit Alzheimer's. Tetapi HRT akan menambah resiko kanker
payudara. Bicarakan dengan dokter anda dan pertimbangkan
resiko-resiko yang mungkin timbul, karena kebanyakan perempuan lebih
tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung, daripada kanker
payudara.

Terakhir, satu lagi hal yang dapat mempengaruhi resiko terkena kanker
payudara adalah stress.

Literatur medis menyebutkan bahwa stress dapat menigkatkan resiko
kanker payudara. Tetapi penelitian tentang hal ini masih bersifat
kontroversial. Namun tidak ada salahnya untuk memulai cara mengatasi
stress dalam hidup anda melalui meditasai, yoga, tai chi, berkebun
atau kegiatan santai lainnya.

Pesan kami : Jangan terlalu memikirkan resiko kanker payudara anda,
tapi lakukanlah sesuatu untuk menguranginya dan selalu banyak berdo'a !
 

Untuk mendeteksi DINI adanya kanker payudara maka :  

Teratur melakukan metode SADARI (perikSA payudaRA sendiRI) setiap bulan sekali. Dilakukan beberapa hari setelah menstruasi selesai. Disaat payudara tidak dalam keadaan membengkak dan tegang seperti pada waktu mens. Jangan panik jika menemukan benjolan pada payudara. Segera periksa lebih lanjut ke dokter. Delapan dari 10 kasus benjolan pada tumor adalah tumor jinak. Usia lebih dari 40 tahun ditambah dengan secara teratur melakukan mamografi. Dapat disimak selengkapnya di TUMOR PAYUDARA DI BLOG INI JUGA

METHODE Tehnik SADARI 


Langkah PERTAMA 

Langkah KEDUA 

Langkah KETIGA
.
Bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit tumor payudara dan sudah berobat kemana-mana tapi tak kunjung sembuh, maka anda sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasinya, karena kini telah hadir Obat Tradisional Tumor Payudara yang telah dikemas secara herbal

Keladi Tikus obat Kanker Payudara


TANAMAN keladi tikus secara fisik banyak dikenal mempunyai sejumlah ciri khas, seperti daun berikutnya mulai meruncing mirip daun talas. Bunga berwarna putih kekuningan dan kelopaknya menyerupai ekor tikus. Sedangkan bagian akar berwarna putih membesar dan membentuk umbi.
bagian umbi keladi tikus yang biasa digunakan sebagai obat alami. Cara menggunakannya seperti dicuci, diiris-iris dan direbus. Air hasil rebusan diminum. namun harus hati-hati cara seperti ini sering menjadikan gatal-gatal pada mulut.
Pemanfaatan lebih modern, yakni umbi dibuat ekstrak sampai didapatkan serbuk umbi keladi tikus. Lalu dimasukkan ke dalam cangkang kapsul. Khasiatnya seperti membantu melawan serangan kanker seperti kanker payudara, leher rahim dan tenggorokan.

penderita perlu menghindari makanan yang mengandung pengawet, pewarna, penyedap rasa dan pemanis buatan. Selain itu menghindari tauge dan sawi, sebab bisa menurunkan efektifitas pemakaian herbal keladi tikus. Sedangkan cara memperoleh keladi tikus dengan mencari di alam langsung seperti di parit-parit maupun tanah berair. Dapat juga membeli di
pengepul maupun membeli yang sudah diproses menjadi kapsul.
Memperbanyak tanaman keladi tikus biasa dengan memisahkan bagian anakan.  Cara membudidayakannya bisa di tanah langsung seperti pekarangan rumah. Selain itu bisa ditanam di pot-pot maupun polibag.
Silahkan  Keladi Tikus untuk obat Kanker Payudara, semoga bermanfaat
 
Sumber :  dr laksmi & widyaesmara


RAMUAN SUPER ATASI SEGALA PENYAKIT

                                                                                                                                                                
" RAMUAN CUMA LEM BAJA "
                                                                                                                                                                

 
Ramuan "Cuma Lem Baja" adalah singkatan dari Cuka Apel Madu Lemon Bawang Putih dan Jahe Merah. Ramuan ini sudah terkenal ampuhnya untuk mengobati jantung, hipertensi dan kolestrol. Sebelumnya saya nggak terlalu yakin mendengarnya, cuma karena mau coba-coba akhirnya memakai ramuan ini, dan hasilnya cukup bagus. Pada awalnya sih saya cuma tertarik dengan cuka apelnya saja yang sudah terbukti untuk menurunkan berat badan salah satu dari teman saya, dan kebetulan ketika mau mencobanya, eeeh ada info resep ini. Karena ingin membuktikan khasiyat kandungan ramuan ini saya mengkonsumsi sendiri terlebih dahulu, waah.....sangat menakjubkan memang badan lebih terasa segar bugar dan stamina bertambah fit. Baru saya menyarankan kepada keluarga, teman, tetangga dan masyarakat yang membutuhkan penyembuhan alternatif dengan ramuan herbal alami ini.
        Berikut adalah cuplikan dari website lain cara membuat ramuan ajaib ini. atau bisa juga di browsing dan ternyata manfaat ini banyak sekali. ingin mencoba ??? kalo nggak bisa buat sendiri bisa juga langsung beli di website2 yg sudah ada .. dan saya pernah coba merk " sano"  tapi kali ini saya akan mencoba membuat sendiri di rumah untuk minuman sehari hari.
        
Apakah Anda Menderita Penyakit Jantung? Dan apakah Anda telah disarankan untuk menjalani Angiography atau Bypass?

Harap Tunggu dahulu…

Sebuah cerita pengalaman nyata di India, sehari sebelum seseorang menderita nyeri akut di jantungnya dan mengalami ketidaknyamanan yang berlangsung selama beberapa waktu.  Dia dianjurkan  untutk melakukan Angiography pada dirinya, mereka menyarankan Bypass karena mereka menemukan 3 di arterinya tersumbat oleh kolesterol dan diberi tanggal untuk beroperasi setelah satu bulan. Dia kemudian bertemu Dr. Vaid Sahab, seorang dokter di Auyerveda. Selama periode sebelum operasi, Dr. Vaid  meresepkan obat di bawah ini yang ia dikonsumsi persis selama sebulan. Sehari sebelum operasi bypass, ia tiba di Rumah Sakit Kardiologi di Mumbai.  Setelah mengambil melihat hasil sebelum dan sesudah 1 bulan proses menunggu itu,ternyata hasilnya sangat memuaskan. Sumbatan-sumbatan di pembuluh arterinya sudah terbuka dan lancar kembali.
Nah, sebelum Anda menjalani pengobatan Angiography atau Bypass, Anda harus mencoba obat alternatif ini.  Semua bahan-bahannya adalah sangat mudah ditemukan dalam keseharian di dapur Anda. Berikut  




Bahan – bahan ramuan untuk membuka sumbatan di pembuluh darah Jantung:

1 cangkir air lemon
1 cangkir sari jahe
1 cangkir jus bawang putih
1 cangkir cuka sari apel

Campur semua bahan di atas dan didihkan dalam api kecil selama sekitar 60 menit atau sampai hasil akhir airnya berkurang menjadi  3 cangkir saja. Dinginkan, lalu campurkan 3 cangkir madu murni dan simpan dalam wadah stainless atau botol kaca / toples foodgrade. Minum satu sendok makan setiap hari sebelum sarapan. Penyumbatan pembuluh darah Anda akan terbuka. Sudah terbukti pada banyak kasus di seluruh
dunia.

Pada umumnya pengobatan herbal lokal diolah /direbus dengan bahan keramik/wadah kuali tanah ya. Pada artikel jurnal referensi tidak ada ketentuan harus menggunakan jenis panci apa.
Namun pada umumnya jenis panci keramik/kaca atau besi baja stainless steel memang terbaik / tidak menimbulkan kontaminasi.
Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk pengobatan tentunya harus dibarengi dengan menjaga makanan dan pola hidup sehat. Terimakasih kembali

Nikmati minuman menyehatkan ini. Rasanya segar..
Sumber: Jurnal Penelitian Internasioanl Shri Shankriti Ayurveda
 

Kandungan dan manfaat bahan-bahan

Manfaat dan fungsi bawang putih:
  • Bawang Putih Sendiri Lebih Banyak Dikenal Sebagai Bumbu Masak Daripada Herbal Alami Tanpa Efek Samping. Padahal Kalau Kita cermati Dan Jeli dalam Penerapan Dan Pemanfaatan ramuan Ini Maka Bawang putih ini Akan Menjadi Salah satu Obat Herbal Alami Yang Sangat Ampuh Manjur dan Berkhasia menyembuhkan Berbagai Penyakit Kronis
  • Di zaman dulu, bawang putih dipercaya mengusir vampir (pengisap darah). Atlet Yunani makan bawang putih sebagai perangsang sebelum bertanding. Menurut cerita rakyat Mesir, bawang putih menangkis “mata roh jahat”. Bawang putih dijuluki lemari obat karena berkhasiat menyembuhkan banyak sekali penyakit, mulai dari flu, infeksi kulit, jerawat sampai menyembuhkan sakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah, kadar kolesterol tinggi, dan menyembuhkan gangguan reumatik.
  • Mengunyah bawang putih mentah tiap hari dapat menambah kekuatan
  • Menjaga kadar kolesterol normal
  • Dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang amat berbahaya dan bandel
  • Bawang putih disebut  “penisilin orang miskin.” Ia memerangi kuman-kuman tertentu yang tak dapat diperangi penisilin. Tidak seperti penisilin yang tak dapat anda peroleh tanpa resep dokter karena efek sampingnya yang serius, bawang putih tidak berbahaya. Anda dapat memakannya dengan aman dan kekuatan membunuh kuman bertahan selama 10 jam dalam darah. (Lihat http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic)
  • Merupakan antibiotik yang membunuh bakteri dan melancarkan pencernaan
  • Merupakan antioksidan luar biasa yang dapat mengurangi radikal bebas yang berbahya dalam tubuh.
  • Menjaga sel darah tetap sehat sekali pun ada macam-macam zat pengotor seperti timah, merkuri, tembaga, dan aluminium.
  • Menjaga peredaran darah yang sehat
  • Menjaga tekanan darah tetap rendah
  • Meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah kapiler kuku di sekitar kuku jari tangan
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke pembuluh daerah arteri pada mata
  • Membunuh parasit-parasit pada manusia, termasuk entamoebam histolyca, dan guardia lambia
  • Melindungi tubuh dari keracunan logam berat
  • Merangsang keluarnya getah pencernaan
  • Menghindarkan masuk angin
  • Membunuh bakteri penyebab infeksi kulit, paru-paru, tenggorokan, dan mulut.
  • Merangsang tumbuhnya sel-sel pembunuh alami dalam tubuh
  • Setengah bawang putih sehari cukup untuk menjaga kadar kolesterol normal
  • Mencegah sakit perut dan membantu mengatasi diare.
  • Baik untuk penderita diabetes karena bawang putih membantu menormalkan kadar lemak yang tidak terkontrol. Sumber: Karen Evennett (2003), Khasiat Bawang Putih, Judul Asli Garlic, London: Sheldon Press, SPCK, 1998, alih bahasa L. Wijaya, Jakarta: Arcan
  • Bagi penderita diabetes, bawang putih membersihkan darah dari kelebihan gula. Salah satu perlakuan adalah makan bawang putih tiap hari. Sebuah jurnal medis Inggris menulis bahwa bawang putih itu baik untuk memurnikan darah dari kelebihan gula.
 
  • Bawang putih memulihkan seseorang dari batuk dan infeksi kerongkongan hanya beberapa menit, lebih cepat dari Vitamin C dan penyembuhannya lebih permanen. [ Sumber  : http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic
  • Perangsang dan pembersih usus.
  • Menghentikan diare yang bersifat mikroba (kuman).
  • Digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan anus dan dubur (anal), seperti menghentikan disentri.
  • Berguna untuk urat saraf.
  • Membasmi pembusukan (kerusakan) pada perut.
  • Bawang putih yang dicampur dengan susu rayeb (yogurt) bermanfaat membasmi batu ginjal dan meringankan mules pada ginjal.
  • Mengurangi kadar lemak dan kolesterol pada darah, menekan tekanan darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mengaktifkan detakan hati, merangsang sirkulasi darah, dan mengobati pembekuan pembuluh darah.
  • Mencegah terbentuknya cadangan lemak di pembuluh nadi koroner.
  • Bawang putih yang dicampur dengan parsley (sejenis seledri), minyak zaitun, dan jus jeruk nipis, kemudian diminum sebelum sarapan pagi, dapat membasmi batu ginjal.
  • Bawang putih berkumpul dengan asam polic, saluran kencing, dan mengobati penyakit encok.
  • Membasmi radang persendian dan mengobati lemahnya alat-alat pencernaan.
  • Mengobati wasir (ambeien) dan pembekuan pembuluh darah.
  • Mengobati kekurangan cairan.
  • Membasmi berbagai jenis cacing, seperti cacing entrobius vermicularis dan amuba.
  • Digunakan untuk pengobatan dan meredam penyakit telinga.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.
  • Mencegah infeksi.
  • Mengobati tenggorokan yang gatal.
  • Mengobati gejala-gejala flu.
  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Mendukung kondisi kesehatan yang baik.
  • Merangsang sistem kekebalan (imunitas) tubuh.
  • Mengusir parasit, cacing
Manfaat jeruk lemon:
  • Buah berwarna orange ini sangat mudah bisa di dapatkan dimana-mana, karena buah lemon juga biasa ada di dapur untuk penyedap makanan dan minuman.
  • Orang-orang zaman Mesir kuno percaya bahwa makan lemon dan minum jus lemon melindungi tubuh dari beragam jenis racun.
  • Penelitian terbaru membenarkan kepercayaan ini. Lemon mengandung banyak zat mineral dan vitamin menyehatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang bakteri, virus, dan infeksi serta mengurangi berat badan berlebihan. Lemon memperlancar metabolisme dan aliran darah pengantar zat bergizi dan membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, magnesium, kalsium, mineral, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang berefek kekebalan tubuh dan anti-infeksi atau anti oksidan.
  • Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Kering Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering
  • Meredakan demam.
  • Membuat Rambut Berkilau Dengan lemon, rambut Anda juga bisa berkilau tanpa harus pergi ke salon.
  • Mengobati sariawan, dan membuat Bibir Lebih Lembab Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat. 
  • Membersihkan Wajah dan Kulit Tubuh.
 
  • Menghilangkan jerawat. Karena di buah lemon banyak terdapat kandungan antibakteri dan jamur, maka lemon sangat ampuh di gunakan untuk mengatasi masalah jerawat.
  • Mencerahkan Kulit Ingin kulit cerah dan putih alami maka gunakan lemon. Hal ini terbukti dengan adanya asam di lemon yang dapat mencerahkan kulit. Selain mencerahkan kulit, lemon juga dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah dan bekas jerawat
  • Memberi efek menenangkan.
  • Mengobati kulit kapalan.Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Kering Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.
  • Memutihkan Kulit Ketiak Dengan rutin melakukan perawatan di atas, Anda akan terlihat cantik alami
  • Membuat Kuku Kuat dan Putih Bila kuku Anda rapuh dan mudah sekali patah, kenapa tidak mencoba lemon untuk mengatasinya.
  • Memutihkan Gigi Cara gampang dan mudah memutihkan gigi, Anda tidak perlu repot-repot ke klinik dan mengeluarkan banyak duit untuk membuatnya tampak putih
  • Mengatasi Wajah Berminyak Karena kandungan asam di dalam lemon sangat tinggi, maka lemon juga bisa mengatasi wajah berminyak.
Manfaat Jahe:
  • Jahe kaya kandungan aneka-zat kimiawi membuat jahe bisa mengatasi ejakulasi prematur, merangsang aktivitas saraf pusat dan ereksi.
  • Jahe mampu merangsang selaput lendir perut besar dan usus dan mengurangi rasa sakit.
  • Jahe juga bisa mengobati influenza, merangsang keluarnya air susu ibu, mendorong produksi getah bening, menjaga kekebalan tubuh, mencegah kemandulan, dan memperkuat daya tahan sperma.
  • Jahe mampu mencegah proses penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit.
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi).  Karena, jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.

  Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Manfaat cuka apel:
  • Buah apel adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa sehingga ada pepatah yang mengatakan “Satu buah apel tiap hari mengusir dokter jauh-jauh”. Dari buah apel, dibuatlah cuka apel sebagai cara terbaik memanfaatkan buah apel secara optimal. Cuka apel adalah senjata ampuh melawan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, infeksi, asam urat, sakit perut, dan obesitas.
  • Banyak sekali manfaat cuka apel untuk kesehatan dan dapat menyehatkan tulang dan memperpanjang umur. Jika sering memadukan makanan sehat dengan cuka, anda semakin sehat dan hidup lebih lama. Kesehatan jangka panjang sering dapat anda peroleh melalui gaya hidup sehat, olahraga, dan cuka.
  • Cuka adalah senjata ampuh melawan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan obesitas.
  • Banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan dan dapat memperpanjang umur
  • Memadukan makanan sehat dengan berbagai jenis cuka, anda semakin sehat dan hidup lebih lama
  • Kesehatan jangka panjang sering dapat anda peroleh melalui gaya hidup sehat, olahraga,  dan cuka
  • Sebaik-baiknya tuak adalah cuka ( HR: Muslim - Ahmad ) Ya Allah berkahilah cuka karena ia adalah tuak para Nabi sebelumku ( HR: Ibnu Majah )
  • Cuka apel itu kaya mineral, mengandung potassium, calcium, magnesium, fosfor, klorin,  sodium, sulfur, copper, iron (besi), silicon, flurorine.
  • Cuka apel mengandung vitamin C, A, B1, B2, B6, beta-carotene amino acids, roughage.
  • Rasa asam dari cuka apel membuatnya memiliki sifat membersihkan dan dapat digunakan sebagai antiseptik.
  • Cuka apel mengandung asam asetat yang membantu menyingkirkan bakteri berbahaya dan jamur pada saluran pencernaan. Hal ini membantu kerja pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan oleh usus.
  • Cuka apel juga mengandung pektin, merupakan serat yang larut dalam air, sehingga membantu menyerap air, lemak, racun, dan kolesterol dari saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh.
  • Memperlancar metabolisme tubuh.
  • Mengobati athritis dan gout.
  • Mendukung kerja otot.
  • Memecah lemak.
  • Menurunkan berat badan.
  • Membuat wajah tampak berseri-seri.
  • Menyembuhkan alergi
  • Mengobati infeksi sinus, jerawat, dan flu.
  • Memulihkan kacapaian kronis.
  • Membersihkan toksin.
  • Menyembuhkan kerongkongan yang gatal.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.
  • Mengurangi tersimpannya (retensi) air.
  • Mengatur tekanan darah.
  • Memperlancar sirkulasi darah.
  • Menurunkan kadar gula.
  • Menyehatkan tulang.
Manfaat Madu:
  • Para ahli menyatakan bahwa madu mengandung sekurang-kurangnya 31 zat gizi, 13 jenis mineral, dan 9 jenis vitamin, 6 jenis zat asam (acids), dan 4 enzim kunci.
  • Madu berisi 35% protein dan protein itu terdiri dari separuh asam amino esensial.
  • Madu a.l. mengandung vitamin B Kompleks, vitamin C, D, E.
  • Madu mengandung energi yang berfungsi meningkatkan konsentrasi karbohidrat dan gula yang 2 x lebih manis dari gula pasir.
  • Madu yang dikonsumsi dengan teratur mengurangi risiko penyakit jantung, bedasarkan studi awal yang diterbitkan dalam “Journal of Medicinal Food”. Beberapa studi ilmiah menyarankan dengan mengkonsumsi madu dapat mengurangi tekanan darah yang menyebabkan penyakit jantung.
  • Banyak orang mengangap mengkonsumsi madu menyebabkan obesitas, LDL tinggi, dan tekanan darah tinggi yang mengakibatkan penyakit jantung.
  • Apa sebabnya ? Karena mereka berpikir madu mempunyai rasa manis yang berasal dari sukrosa, glukosa, dan fraktosa. Kita ketahui bahwa mengkonsumsi sucrose secara berlebih dipercaya meningkatkan risiko obesitas, resisten terhadap insulin, dan tekanan darah tinggi. Sukrosa juga mengurangi HDL yang menguntungkan dan meningkatkan tingkat triglycerida. Fraktosa mempunyai efek yang sama dengan sukrosa.
  • Di sinilah keajaiban lebah madu, gula dari madu seperti sukrosa, glukosa, dan fraktosa yang terkandung dalam madu justru menyehatkan. Lebah menghasilkan madu murni dengan menghisap nectar bunga yang kaya akan gula-gulaan tersebut.
  • Lebah memproses gula-gulaan itu terlebih dahulu di dalam perut lebah. Setelah nektar diolah dalam tubuh lebah menjadi madu, barulah lebah mengeluarkan madu dari dalam perutnya. Jadi gula-gulaan yang terdapat dalam madu sudah diproses dalam perut lebah lebih dulu sehingga madu langsung bisa meresap ke dalam darah kita.
  • Berdasarkan riset ilmiah, madu bisa meresap ke dalam darah sekitar 10 menit. Ini bisa kita buktikan jika kita lelah setelah berolahraga kemudian meminum madu murni, tubuh kita cepat merasa segar kembali.

  • Madu mengandung banyak enzim potensial yang menguntungkan seperti asam amino. Madu mengandung bee pollen, propolis, lilin lebah, dan nutrisi yang berasal dari tanaman dan tubuh lebah sendiri, di samping mengandung gula-gulaan.
  • Madu bersifat antioksidan. Beberapa zat kimia dalam darah dapat digunakan untuk memonitor tingkat risiko penyakit jantung. Beberapa tahun sebelumnya, tingkat kolesterol dan LDL (“jelek/jahat”) telah digunakan untuk memonitor tingkat penyakit jantung dan akhir-akhir ini homocysteine dan C-reactive Protein (CRP) telah ditambahkan sebagai penyebab/faktor penyakit jantung. Orang dengan tingkat homocysteine tinggi memiliki tingkat penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit berbahaya lainya.
  • Dengan vitamin B6, B12 dan folic acid yang terkandung dalam madu, homocysteine yang tinggi dapat diturunkan. Tingkat CRP yang tinggi juga dapat memprediksi penyakit jantung. Tingkat CRP meningkat disebabkan oleh merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit gusi kronis.
  • Studi ini dilakukan terhadap 5 s.d. 9 orang dalam 7 percobaan. Pada tiap percobaan dilakukan tes darah sebelum dan sesudah meminum larutan yang mengandung madu, glucose dan madu buatan (mengandung setengah sucrose dan setengah fructose). Larutan yang digunakan dalam percoban mengandung antara 1 – 3 ons madu, glucose atau glucose dan fructose.
  • Hasil percobaan pada orang yang mengkonsumsi larutan madu menunjukkan tingkat kolesterol, LDL, dan trigliserida secara total menurun tetapi tidak bagi yang meminum larutan glukosa dan madu buatan.
  • Hasil dari percobaan setelah 15 hari pada orang yang mengkonsumsi madu tingkat HDL (baik) meningkat dan tingkat homocysteine menurun. Efek dari mengkonsumsi madu setiap hari selama 15 hari bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi : total kolesterol menurun 8%, LDL kolesterol (jahat) menurun 11%, dan CRP menurun 57%.
  • Riset ini menunjukkan bahwa madu mempunyai efek yang positif bagi penderita penyakit jantung. Dalam waktu relatif singkat, madu dapat menurunkan kolesterol dan yang paling dramatis adalah menurunkan tingkat CRP terhadap orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Tampaknya CRP mempunyai peranan penting penyebab penyakit jantung selain kolesterol.
  • Kesimpulannya mengkonsumi sukrosa, glukosa, dan fruktosa bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Studi ini merekomendasikan mengkonsumsi madu bukan hanya aman tetapi pada kenyataanya justru menyehatkan jantung.
  • Menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.
  • Menyembuhkan infeksi dan luka.
  • Membasmi bakteri karena sifatnya anti-bakteri dan antiseptik.
  • Memuluskan kulit pada wajah.

MADU SANG RAJA OBAT

MADU SANG RAJA OBAT


LATAR BELAKANG MADU
       Dalam dunia pengobatan tradisional di jaman Rosulullloh Muhamad Saw. sampai pengobatan modern sekarang ini selalu menggunakan Madu, Entah itu di konsumsi tunggal atau diramu atau dipadu dengan bahan lain. Karena madu merupakan bahan baku dari unsur hewani yang kaya akan nutrisi,atau menyimpan kandungan vitamin, protein, asam amino, karbohidrat, mineral, pigmen tumbuhan, dan sebagainya serta zat2 aktif anti oksidan yang sangat mujarab dan terbukti untuk pengobatan dari ratusan penyakit yang sudah mampu disembuhkannya.
 Madu secara rinci tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.
Oleh sebab itu sudah selayaknya dalam dunia therapy Madu pantas mendapat predikat Sang Raja Obat, karena sudah jelas merupakan perintah dan petunjuk Alloh Swt, supaya digunakan untuk obat dan penawar dari berbagai penyakit
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :
وَأَوْحَى رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.” (QS. An-Nahl, 16:68)
 
Alloh telah memberikan keterangan yang jelas tentang madu, yang mana madu dihasilkan dari Lebah yang di dalam Alquran adalah Surat ke-1 6An Nahl yang berarti lebah.  Secara khusus, surat  Makkiyah tersebut dinamakan An Nahl atau lebah, karena pada ayat ke-68 terdafat firman Allah SWT yang berbunyi, ''Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.''

Kita harus bersyukur bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT pasti tak ada yang sia-sia. Di antara ciptaan Sang Khalik yang istimewa adalah lebah.  Serangga yang satu ini menempati posisi penting dibanding serangga lainnya. Tak heran jika lebah dijadikan salah satu nama surat dalam Alquran.

       Lebah memang spesial. Ia merupakan makhluk Allah SWT yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Dalam penjelasan surat An Nahl yang tercantum dalam Alquran dan Terjemahannya disebutkan bahwa ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Alquranul Karim.
Apa persamaannya? Allah menyatakan tugas lebah ini dalam Al-Qur'an:
ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

''... Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.'' (QS An Nahl:69).
Tahukah anda tentang manfaat madu yang disebut minuman yang bermacam-macam warnanya?
Sebagaimana firman Allah, madu adalah “obat yang menyembuhkan bagi manusia”.


Madu berasal dari sari bunga dan menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia. Sedangkan Alquran mengandung inti sari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada nabi-nabi zaman dahulu ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa  sepanjang masa untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat. Aspek lain yang mengagumkan adalah cara komunikasi antar lebah yang sulit untuk dipercaya. Setelah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.
  
Lebah menggunakan cara yang sangat menarik ketika membangun sarang. Mereka memulai membangun sel-sel tempat penyimpanan madu dari sudut-sudut yang berbeda, seterusnya hingga pada akhirnya mereka bertemu di tengah. Setelah pekerjaan usai, tidak nampak adanya ketidakserasian ataupun tambal sulam pada sel-sel tersebut. Manusia tak mampu membuat perancangan yang sempurna ini tanpa perhitungan geometris yang rumit; akan tetapi lebah melakukannya dengan sangat mudah. Fenomena ini membuktikan bahwa lebah diberi petunjuk melalui “ilham” dari Allah swt sebagaimana firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 68 di atas.


Kemukjizatan madu sebagaimana disampaikan Alquran telah terbukti secara ilmiah. Dalam Tafsir Alquran, Sayyid Quthb mengungkapkan, madu sebagai obat penyembuh penyakit sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para pakar kedokteran. Inilah salah satu bukti kebenaran ayat Alquran yang harus diyakni umat manusia.\
Sedangkan dalam Tafsir Alquran Ibnu Katsir diterangkan bahwa madu lebah itu warnanya bermacam-macam sesuai dengan makanannya. Ada yang berwarna putih, kuning, maupun merah. Selain itu, menurut Ibnu Katsir, madu cocok bagi setiap orang, misalnya untuk mengobati dingin, karena madu itu panas.
Di dunia Islam, penggunaan madu sebagi obat sudah diterapkan sejak zaman Nabi Muhammad  SAW. Pada saat itu, madu digunakan  untuk mengobati penyakit diare. Lem lebah yang berasal dari madu juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. 


Kajian khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuwan Muslim terkemuka di era keemasan Islam, yakni Ibnu Sina (890-1037). Bapak kedokteran dunia dan pemikir Muslim agung di abad ke-10 M itu tercatata sebagai dokter  yang mengulas mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran.
Dimasa hidupnya Ibnu Sina banyak mengkonsumsi madu sehingga awet muda dan berumur panjang. Madu, menurut Ibnu Sina, dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang berat, seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Madu juga dapat menurunkan suhu badan serta mengatur sekresi, sehingga dapat menghilangkan penyakit demam.
Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.


Dalam konferensi tersebut didiskusikan pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Ibnu Sina  juga telah meneliti khasiat madu untuk perawatan kecantikan tubuh. Menurut Ibnu Sina,  madu dan minyak zaitun mampu menjadi obat mujarab yang digunakan sebagai kosmetika yang memiliki  beragam khasiat.
Madu dan minyak zaitun, papar Ibnu Sina,  bisa mengencangkan kulit muka dan seluruh kulit badan. Kedua bahan alami yang mendapat perhatian khusus dalam Alquran itu mampu menghilangkan flek-flek hitam dan jamur kulit.  Selain itu, madu dan minyak zaitun juga bisa menghaluskan kulit dan mengurangi reutan pada wajah.

Yang tak kalah menariknya, Ibnu Sina pun telah menemukan fakta bahwa minyak zaitun dan  madu mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, serta bisa memberikan vitamin pada kulit dan melembabkannya. Selain untuk kosmetik, madu juga bisa digunakan untuk bearagam kegunaan lainnya. Mulai dari makanan, obat-obatan sampai bahan untuk alat-alat kecantikan.
Pada dasarnya, manfaat madu telah dirasakan peradaban manusia sejak dahulu kala.  Orang Mesir Kuno telah mengonsumsinya. Penduduk Mesir Kuno sudah terbiasa memanfaatkan madu sebagai makanan bergizi tinggi serta  obat  berbagai macam penyakit yang mujarab. Meski begitu, peradaban kuno belum mampu menjelaskannya secara ilmiah.
Adalah Ibnu Sina  seorang dokter legendaris sepanjang masa – yang telah berhasil  membuktikan kebenaran khasiat madu tersebut, dalam usia tua.  Konon, Ibnu Sina masih tetap kelihatan sehat dan segar bugar layaknya seorang pemuda, karena terbiasa mengonsumsi madu. 

        Hasil penelitian terakhir yang dikeluarkan dari Universitas Moskow, menyatakan madu ternyata juga mengandung logam alumunium, boron, krom, tembaga, timbal, titanium, seng, asam organik, asetilkolin, hormon, antibiotik, zat antiracun serta zat antikanker.
Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan mahanan lainnya.
Penelitian ini juga menyebutkan madu diyakini dapat menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jadi sangat baik memang untuk mengkonsumsi madu dalam keseharian kita.
Dalam Alquran, madu pun menjadi simbol kenikmatan surga  balasan bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. ''(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai

KHASIYAT DAN MANFAAT

1. Meremajakan kulit dan awet muda
Perana madu sangatlh besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.
2. Infeksi radang tenggorokan
Telah terbukti dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.
3. Mengobati insomnia
Orang yang sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

4. Menambah vitalitas dan stamina 
Dengan mengkonsumsi madu murni yang masih alami atau belum mengalami proses pemanasan, karena di dalam kandungan madu lebah terdapat vitamin B, Zinc dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga vitalitas pria dewasa. Vitamin B2 (Riboflavin) yang terdapat dalam unsur madu, berfungsi untuk pertumbuhan dan reproduksi sementara kandungan B6 (piridoksin) yang berguna untuk mengatur keseimbangan hormon dan mengatur fungsi kekebalan tubuh.
5. Memperbagus kualitas sperma
Dengan mengkonsumsi madu sangat dipercaya dapat meningkatkan produksi sperma secara dramatis yang akhirnya dapat meningkatkan kuantitas sperma dalam jumlah yang banyak pada saat mengkonsumsi madu secara teratur. Dengan kuantitas sperma yang bagus, maka otomatis sperma yang dihasilkan juga mempunyai kualitas yang baik. Kandungan afrodisiak yang terkandung di dalam unsur madu juga sangat dipercaya dapat meningkatkan kehidupan seks para pria, dikarenakan lebah sering mengumpulkan nektar pada bunga-bunga Afrodisiak, seperti bunga anggrek dan bunga melati.


6. Kecantikan
Manfaat madu bagi kesehatan manusia dapat membantu merawat kecantikan yaitu untuk melindungi kulit terutama dalam menghapus luka, bintik merah hingga infeksi. Banyak manfaat yang didapat dari kandungan madu termasuk anti penuaan yang bisa dilakukan secara tradisional maupun modern. Madu kaya senyawa humektan. Hal ini membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
7. Untuk Ibu hamil
Kandungan Glukosa, Fruktosa, Maltosa dan Sukrosa bermanfaat untuk memberikan asupan energi bagi ibu hamil yang cenderung membutuhkan tenaga ekstra daripada kondisi normal sebelum kehamilan. Vitamin C dalam madu juga memiliki banyak fungsi untuk kesehatan, salah satunya sebagai anti-oksidan. Yaitu, untuk menangkal Radikal Bebas dalam tubuh yang disebabkan oleh polutan, zat kimia dalam makanan atau pun stress oksidatif.
8. Khasiat madu untuk bayi dan balita
Membantu perkembangan jaringan sel-sel otak yang tengah berkembang. Perkembangan yang maksimal sangat membantu kecerdasan baik untuk otak maupun mentalnya.
9. Khasiat madu untuk anak-anak
Meningkatkan ketahanan tubuhnya terhadap penyakit sekaligus membantu meningkatkan nafsu makan. Sebagaimana kita ketahui, nafsu makan pada anak-anak seringkali kurang karena pengaruh konsumsi jajanan di luar.
10. Untuk pertumbuhan remaja
Sangat baik untuk metabolisme dan perkembangan tubuh yang sempurna. Masa remaja adalah masa dimana tubuh sedang berkembang sempurna. Oleh karena itu, patut dibantu oleh asupan gizi yang baik.
11. Khasiat madu untuk dewasa
Meminimalisir stres akibat tuntutan pekerjaan dan beban hidup. Sebagaimana kita tahu, stres yang berlebihan dapat mengundang datangnya aneka penyakit. Khasiat madu untuk orang dewasa juga turut membantu kecukupan gizi, terutama bagi para pekerja dengan waktu kerja yang panjang dan sedang mengambil lembur.
12. Khasiat madu untuk manula atau orang-orang tua
Sebagai asupan gizi terbaik yang aman. Karena ada kalanya orang-orang tua harus mengurangi asupan gula karena penyakit atau harus mengurangi berat badan demi kesehatan. Kondisi tubuh seiring dengan usia tentu vitalitasnya semakin menurun, terutama organ pencernaan. Nah, khasiat madu yang mudah diserap tubuh tentu akan sangat membantu dan yang terpenting tanpa efek samping yang membahayakan.
13. Membersihkan lapisan darah dan darah menjadi bersih.
14. Mengimbangi kandungan lemak dan membuat jantung aktif.
15. Menghilangkan rasa cemas dan mengurangkan tekanan darah tinggi.
16. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
17. Menambah kekuatan sex dikarenakan madu mempunyai kandungan mineral
18. Untuk kesuburan
Menurut beberapa ahli nutrisi, manfaat madu bagi kesehatan manusia dapat meningkatkan kemampuan seksual dan kesuburan. Madu akan merangsang ovarium untuk berovulasi (melepaskan sel telur) dan mempersiapkan rahim untuk segera hamil.
19. Madu untuk penyembuh luka
Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.
20. Sebagai antibiotik
Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.



21. Madu untuk membunuh kuman
Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Mengikuti bangsa mesir kuno setelah menempuh kajian untuk menemukan fakta ilmiah, salep madu untuk luka kini di produksi di Australia.
22. Madu untuk terapi
Bangsa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.
23. Madu untuk mengobati borok
Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi. RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health misalnya, Menerapkan terapi madu bagi borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya. Sang pasien bahkan tidak jadi diamputasi berkat terapi madu tersebut.
25. Madu untuk antioksidan
Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.


26. Khasiat madu untuk kecantikan
Sejak zaman Mesir Kuno, Ratu Cleopatra sudah menggunakan madu untuk merawat kecantikannya yang sangat termasyhur itu. Sang Ratu menggunakan madu untuk masker wajah yang berkhasiat menjaga kelenturan dan kemulusan kulit. Khasiat madu juga dimanfaatkan ratu yang sangat cantik ini untuk menjaga kemilau rambutnya dengan cara mengoleskannya pada rambut yang basah dan didiamkan sebentar. Khasiat madu untuk kecantikan wajah dan rambut bisa kita manfaatkan juga saat ini. Lakukan cara yang sama seperti Ratu Cleopatra untuk merawat kecantikannya.
27. Mencerahkan rambut
Manfaat madu bagi kesehatan manusia untuk mencerahkan rambut. Dengan mengambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siramlah pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Tidak perlu dibilas untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.
28. Pencuci muka
Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.
29. Melawan parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.
30. Menyingkirkan jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.
31. Mandi
Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam, ganti bahan tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya adalah menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.
32. Meredakan cemas
Entah dicampur di dalam teh atau diminum secara langsung, madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon.
33. Lip balm
Campurkan madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering. Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuatnya halus dan lembut.
34. Madu untuk Pelangsing
Memiliki peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak. Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
35. Kesehatan pencernaan
Madu hangat dan lemon sebaiknya dikonsumsi setiap pagi untuk membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan serta membantu menurunkan berat badan. Madu hangat dan lemon akan membersihkan perut di pagi hari, serta membantu produksi cairan lever yang berguna untuk mencerna makanan. Lemon yang ditambahkan pada madu hangat akan mencegah kembung dan membuat makanan lebih mudah dicerna tubuh.
36. Membersihkan racun
Manfaat madu bagi kesehatan manusia adalah membersihkan tubuh dari racun yang tak diinginkan atau zat yang menyebabkan masalah pada tubuh dan pencernaan. Menambahkan lemon pada madu hangat biasanya akan membuat Anda lebih sering buang air kecil karena racun yang dikeluarkan dari tubuh. Ini karena urine akan membawa racun tersebut keluar dan membuat tubuh bersih.
37. Menambah energi
Minum madu hangat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan energi. Energi yang tinggi akan membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Madu juga akan merangsang organ tubuh untuk bekerja dengan baik dan efektif. Hal ini juga membantu menurunkan berat badan karena metabolisme yang lancar akan membakar lebih banyak kalori. Hebatnya, energi yang Anda dapatkan dari madu hangat setiap pagi akan bertahan hingga seharian.


38. Mencegah rasa lapar
Madu hangat yang dicampur dengan lemon akan membantu menekan nafsu makan. Hal ini sangat cocok jika Anda sedang berdiet. Mengonsumsi di pagi hari akan membuat Anda menghindari camilan sepanjang hari. Selain itu, madu hangat juga mengandung banyak serat yang menyehatkan tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
39. Madu membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
40. Sebagai obat anemia
Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
41. Manfaat madu bagi kesehatan manusia dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.
42. Madu membantu membersihkan luka, mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan cepat.

43. Madu untuk kulit
Sebagai pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit. Sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari ultraviolet. Dengan menembus lapisan atas kulit, jadi dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
44. Mencegah kanker
Kandungan flavonoid yang terdapat pada madu yaitu kandungan antioksidan yang membantu anda dalam mengurangi risiko jenis kanker dan penyakit jantung. Termasuk kanker payudara dan serviks yang sering menyerang wanita, selain itu kelebihan berat badan (obesitas) yang sering dijumpai pada wanita akan memicu serangan jantung oleh karena itu membiasakan konsumsi madu sangat baik untuk anda.
45. Mengurangi keputihan
Kandungan anti bakteri yang dihasilkan oleh madu akan membantu anda dalam mengurangi dan mencegah adanya keputihan yang diantaranya disebabkan oleh bakteri dan jamur. Kandungan antibakteri yang terdapat didalam madu akan baik untuk digunakan sebagai mencegah beberapa penyakit yang diakibatkan oleh bakteri.
46. Meningkatkan kemampuan seksual yang disebabkan kelainan prostat.
47. Meningkatkan fungsi ovarium dan kualitas sel telur.

48. Mengurangi gejala yang berhubungan dengan PMS (Pre-Menstrual Syndrome).
49. Menyehatkan organ seksual
Manfaat madu bagi kesehatan manusia untuk merangsang dan memelihara sistem reproduksi ke arah yang lebih sehat, baik organ seksual wanita maupun pria.
50. Untuk bertempur diatas ranjang bagi suami istri
Untuk melengkapi 50 manfaat madu bagi kesehatan manusia, kandungan zat mineral boron membantu tubuh memanfaatkan estrogen, suatu hormon dasar seksual bagi kaum perempuan. Vitamin yang terkandung dalam madu dapat meningkatkan produksi testosteron yang sangat penting untuk meningkatkan libido, enegi dan fungsi imun. Di dalam madu juga terdapat zat boron yang sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mengelola estrogen yang penting untuk meningkatkan gairah seksual. Beberapa peneliti menegaskan bahwa madu juga menambah tingkat energi pada seseorang. Sepertinya sebuah pemikiran kreatif sekaligus sebagai alternatif untuk memadukan kekuatan madu dan susu yang berfungsi meningkatkan dorongan seksual. Untuk itulah, sebaiknya madu bisa dijadikan pilihan minuman bagi anda dan pasangan, sebelum melakukan aktifitas seksual.
51. Untuk penyembuhan panas dari berbagai golongan umur dari bermacam-macam penyakit, panas karena thypus, infeksi paru/pneomoni, infeksi lanbung atau gastritis

LEBAH PENGHASIL MADU

       Salah satu binatang yang mendapat tugas dari Alloh swt. yang memproduksi madu untuk kepentingan manusia, dan merupakan tugas mulia untuk membantu menyembuhkan umat  manusia yang mengalami sakit yang disebabkan penyakit apapun. 
Lebah merupakan salah satu jenis hewan istimewa yang dijadikan nama surat di dalam Al-Qur’an (surat An-Nahl).



Menurut Nabi SAW setiap penyakit itu pasti ada obatnya. 
Maksudnya : "Berobatlah, maka sesungguhnya Allah tidak meletakkan penyakit kecuali Allah menyediakan baginya obat, kecuali satu penyakit, yaitu tua" ( Hadits riwayat Abu Daud)
Tafsirnya surah an-Nahl 69: "Kemudian makanlah daripada setiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Daripada perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat ubat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.
Rasulullah SAW juga berpesan agar seseorang itu berobat dengan madu dan al-Qur'an.
Maksudnya: "Ambillah/pergunakanlah olehmu sekalian akan dua obat penyembuh yaitu madu dan al-Qur'an." (Hadits riwayat Ibnu Majah) 

KHASIAT SAMBILOTO

Khasiat Sambiloto

Manfaat Sambiloto dan segala Khasiat Daun Sambiloto

Pada era sekarang masyarakat indonesia banyak sekali menyukai dan mulai kembali ke alam sekitar khususnya untuk mempergunakan tanaman untuk pengobatan sebagai alternatif ramuan tradisional disamping pengobatan dengan tablet kapsul atau injeksi yang bersumber dari unsur kimiawi. Telah terbukti maraknya penjualan ramuan kering, kemasan jamu, warga yang menanam untuk apotik hidup atau yang sudah di kemas khusus yang berupa kapsul atau tablet yang umum dinamakan herbal.
Sambiloto tak asing warga masyarakat kita adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika. tumbuhan sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter.
Di jawa banyak sekali ditemukan sambiloto, asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius.
Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: 
  • sambilata (Melayu); 
  • ampadu tanah (Sumatera Barat); 
  • sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa timur, Jawa Tengah); 
  • ki oray (Sunda); 
  • pepaitan (Madura), 
  • nama asingnya Chuan xin lien.
Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto). Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun1911.
Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis.
Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, dimana sambiloto disebut dengan nama Kalmegh pada Ayurveda.
Selain Manfaat dan Khasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).
Manfaat duan sambiloto dapat mengatasi hepatitis, infeksi saluran empedu,disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut), radang telinga tengah (OMA), radang usus buntu, sakit gigi,demam, malaria,kencing nanah (gonore), kencing manis (DM), TB paru, skrofuloderma, batuk rej an (pertusis), sesak napas (asma), darah tinggi (hipertensi), kusta (morbus hansen = lepra), leptospirosis, keracunan jamur, singkong, tempe bongkrek, makanan laut, kanker: penyakit trofoblas seperti kehamilan anggur (mola hidatidosa) dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas), serta tumor paru.

Cara Pemakaian Daun Sambiloto :

  • keringkan terlebih dahulu daun sambiloto sebanyak 10-20g, bisa direbus atau digiling hingga halus lalu diseduh, minum 3-4 kali sehari atau 4-6 tablet apabila serbuk yang halus tadi dimasukan ke dalam kapsul.
  • untuk mengobati kanker digunakan cairan infus, injeksi, atau tablet.
  • Untuk pemakaian luar, daun segar direbus lalu airnya digunakan untuk cuci atau digiling halus dan dibubuhkan ke tempat yang sakit, seperti digigit ular berbisa, gatal-gatal, atau bisul.

 

Sambiloto Untuk Kesehatan Dan Tata Cara Pemakaiannya:

  1. Demam Tifoid. Daun sambiloto segar sebanyak 10 – 15 lembar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari
  2. Disentri basiler, diare, radang saluran napas, radang paru Herba kering sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
  3. Disentri Herba krokot segar (Portulaca oleracea) sebanyak 500 g diuapkan selama 3 – 4 menit, lalu ditumbuk dan diperas. Air perasan yang terkumpul ditambahkan bubuk kering sambiloto sebanyak 10 g sambil diaduk. Campuran tersebut lalu diminum, sehari 3 kali masing-masing 1/3 bagian.
  4. Influenza, sakit kepala, demam Bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.
  5. Demam Daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih, saring lalu minum sekaligus. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.
  6. TB paru Daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata lalu dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. Pil ini Ialu diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.
  7. Hipertensi, Batuk rejan (pertusis), Daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.
  8. Untuk gatal alergi dan biduran bisa langsung ditumbuk halus ambil beberapa daun secukupnya langsung dioleskan di lokasi yang gatal.
  9. Radang paru, radang mulut, tonsilitis Bubuk kering herba sambiloto sebanyak 3 – 4,5 g diseduh dengan air panas. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus.
  10. Faringitis Herba sambiloto segar sebanyak 9 g dicuci lalu dibilas dengan air matang. Bahan tersebut lalu dikunyah dan aimya ditelan.
  11. Hidung berlendir (rinorea), infeksi telinga tengah (OMA), sakit gigi Herba sambiloto segar sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari @ 1/2 gelas. Untuk OMA, herba segar dicuci lalu digiling halus dan diperas. Airnya digunakan untuk tetes telinga.
  12. Diabet melitus Daun sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehabis makan, 3 kali sehari @ 3/4 gelas.
  13. Tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal 1 gelas lalu diminum air rebusannya.
  14. Tonsilitis, Pharingitis, atau Radang tenggorokan dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus dengan 2-3 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan yang tersisa di perkirakan tinggal 1 gelas lalu diminum air rebusannya. Bila ada dapat di tambahkan dengan 3-5 lembar daun sirih merah.
  15. Gigitan ular berbisa atau sengatan binatang berbisa lainnya, Daun sambiloto dikunyah, airnya di telan dan sisanya di tempelkan pada luka terkena
  16. obat malaria. genggam daun sambilito direbus dengan 4 cangkir air sampai airnya tinggal separuh diminum setengah gelas 3 kali sehari. 
 
demikian Manfaat Sambiloto dan segala Khasiat Daun Sambiloto, semoga bermanfaat.




KHASIAT MAHKOTA DEWA

 MAHKOTA DEWA




Indonesia adalah negara tropis yang kaya aneka ragam tumbuhan atau tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan, dan ini diakuai oleh negara-negara maju atau negara berkembang.
Mahkota dewa dikenal sebagai tanaman yang dapat mengobati banyak penyakit berat. Secara fisik mahkota dewa ramping dan tinggi hingga mencapai 3 meter. Mahkota dewa berasal dari tanah Papua Indonesia. Semula tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias, namun sekarang menjadi  tanaman obat yang sangat terkenal. China sudah menggunakan tanaman ini sebagai obat dan teh dari waktu yang cukup lama sebelum Indonesia mulai mengetahui mengenai tanaman dewa ini.
Batang, daun, dan buah tanaman semua sering dijadikan obat. Pada tanaman ini terdapat zat alkaloid yang dapat menetralisir racun, saponin yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti virus, flavonoid yang bersifat anti radang, dan polifenol sebagai anti alergi.
 
Indikasi tanaman mahkota dewa adalah :
Kanker, tumor, darah tinggi, diabetes, rematik, asam urat, jantung, ginjal, enzim (gatal-gatal), hepatitis, liver, kecanduan narkoba
Selain dapat menyembuhkan penyakit berat, fungsi lainnya adalah :
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit pada waktu pendarahan, mengurangi rasa sakit pada bengkak, meningkatkan kebugaran tubuh, menghilangkan jerawat, menambah stamina, menyembuhkan luka gigitan serangg alergi, panas
Pengobatan akan mulai memperlihatkan perubahan atau reaksi obat sekitar 30 menit sampai satu jam setelah pemberian obat. Untuk penyakit yang berat, efek dari reaksi obat akn terlihat kurang lebih 3 bulan setelah pemberian obat.
 
Bahaya Mahkota Dewa
Tapi, meskipun banyak memiliki khasiat sebagai penyembuh penyakit, tanaman ini tidak boleh dimakan sembarangan tanpa solusi dari orang yang mengerti dibidang ini, seperti dokter. Karena tanaman ini dapat menjadi sangat beracun. Setiap bagian dari tanaman mahkota dewa, batang, daun, buah, kulit, dan biji mengandung racun.  Biji merupakan bagian yang paling beracun dan berbahaya.  Racun dalam tanaman ini dapat menyebabkan mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang, dan bahkan sampai pingsan.
Mahkota dewa memiliki efek samping yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah, mabuk. Air daun mahkota dewa selain dapat menyebabkan kantuk juga dapat menyebabkan mabuk. Efek mabuk dari daun masih dalam tahap taraf normal, namun jika efek kantuk dan mabuk terus berlanjut dianjurkan untuk mengurangi dosis air daun.
Buah mahkota dewa jangan dikonsumsi pada saat haid karena akan memperhebat pendarahan. Karena dengan khasiat melawan sel kanker, obat ini sekaligus menggerus dinding rahim. Dosis pemakaian sangat berperan penting dalam penggunaan obat herbal ini, salah dosis, akan berakibat fatal.
Wanita yang hamil muda dilarang mengonsumsi mahkota dewa. Mahkota dewa dapat memacu kerja otot rahim mempermudah atau mempercepat proses persalinan sehingga bahaya bagi yang masih hamil muda.
Selain bahaya yang diatas, mahkota dewa juga memiliki rasa yang pahit. Namun semua hal ini tidak mengurangi keinginan orang-orang untuk menanam tumbuhan ini di pekarangan rumah mereka.
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai cara menanam mahkota dewa :
Tanah dan bibit
Tanaman mahkota dewa dapat ditanam pada dataran rendah dan maksimal ketinggian 1200 meter dari dasar laut. Tanah yang digunakan adalah tanah dengan pupuk alami seperti pupuk kandang. Pupuk kimiawi tidak dianjurkan. Lubang tanam digali sepanjang 30 cm meter dan dibiarkan terbuka selama seminggu. Penanaman dapat menggunakan bibit maupun secara cangkok dari batang pohon. Bibit didapatkan dari biiji buah itu sendiri, tapi penanaman secara cangkok membuat lebih cepat berbuah.
Penanaman dan perawatan
Penanaman mahkota dewa memiliki keuntungan yaitu tida bergantung kepada musim, sehingga dapat ditanam kapanpun. Setelah ditanam, hal yang harus dilakukan adalah penyiraman, pemupukan, dan penyiangan. Penyiraman dilakukan cukup sering karena penyerapan air mahkota dewa tinggi. Pemupukan dengan pupuk organik. Penyiangan dilakukan untuk melawan gulma. Dan pestisida untuk hama.
Panen
Warna merah terang dan bau manis seperti gula pasir menandakan buah mahkota dewa telah siap petik. Bila dalam kurun waktu anda tidak membutuhkan mahkota dewa, anda dapat menjualnya, karena mahkota dewa merupakan tanaman herbal yang sangat dicari.
Penggunaan mahkota dewa dianjurkan berkonsultasi dengan dokter pada bidangnya.


KHASIAT KULIT MANGGIS



MULTI KHASIAT KULIT MANGGIS


Kita sangat bersyukur bahwa Negara Indonesia sebagai negara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati adalah salah satu sentra produksi manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa. Kulit Manggis menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit terisolasi dari buah manggis. Tingkat kandungan xanthone mencapai 123,97 mg per ml.



Khasiat atau Manfaat Kulit manggis saat ini paling banyak dicari dan digunakan untuk dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit, serta dimanfaatkan dalam urusan kecantikan. Memang ternyata buah manggis yang rasanya enak dan mengandung banyak manfaat, mempunyai fakta kalau kulitnya lah yang mempunyai manfaat lebih.


Journal of pharmacology, mempublikasikan bahwa xanthones memilik efek anti kanker seperti kanker payudara , kanker darah (leukeumia) dan kanker hati . Selain itu juga xanthones memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthones juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi.
Khasiat XANTHONES bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONES dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia,manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.
Chi Kuan Ho dari Veterans General Hospital dari Taipei mengungkapkan bahwa turunan XANTHONES mujarab mengatasi sel HCCs hepatocellular carcinomas atau kanker hati. Turunan XANTHONES itu adalah Garcinone E. Kami menyarankan bahwa Garcinone E mungkin berpotensi untuk digunakan dalam perawatan beberapa tipe kanker yang berhubungan dengan pencernaan dan paru-paru.
Fungsi XANTHONES adalah menjelajah seluruh tubuh, menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya.  XANTHONES yang terdapat dalam kulit manggis mempunyai sifat sebagai anti kanker, anti inflammatory, anti mikroba, menurunkan kolesterol, Antiviral, Anticendawan, Antiparasit, Anti alergi, Membantu menurunkan tekanan darah, menjaga stamina tetap prima, membantu menurunkan berat badan,menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit,Melindung Hati , Memerangi diare, Analgesik, Anti-Parkinson, Anti-Alzheimer, pencegah depresi, Menurunkan demam.
Sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian.  XANTHONES tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis, Dari berbagai penelitian kandungan XANTHONES dan derivatnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Khasiat garcinone E ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone. (sumber BPTP oleh Kasma Iswari dan Tri Sudaryono ).

Khasiat atau manfaat kulit manggis untuk kesehatan :

  1. Berkhasiat untuk Meningkatkan energi, dan meningkatkan stamina.
  2. Berkhasiat untuk Memperlambat proses penuaan.
  3. Berkhasiat untuk Membantu mencegah kerusakan dari penyakit otak
  4. Berkhasiat untuk Membantu mencegah batu ginjal.
  5. Berkhasiat untuk Membantu mencegah penyakit system syaraf
  6. Berkhasiat untuk Mengurangi rasa sakit dari arthritis.
  7. Berkhasiat untuk Memperbaiki kerusakan dari penggunaan penghilang rasa sakit
  8. Berkhasiat untuk Membantu penglihatan mata.
  9. Berkhasiat untuk Menurunkan demam.
  10. Berkhasiat untuk Meringankan dan mengobati batuk, pilek karena influensa
  11. Berkhasiat untuk Membantu menyembuhkan borok luka.
  12. Berkhasiat untuk Meringankan irritable bowel syndrome
  13. Berkhasiat untuk Membantu menghentikan diare.
  14. Berkhasiat untuk meringankan peradangan dari usus kecil atau besar
  15. Berkhasiat untuk mencegah penyakit radang usus
  16. Berkhasiat untuk Membantu mencegah penyakit jantung.
  17. Berkhasiat untuk Memperkuat pembuluh darah.
  18. Berkhasiat untuk Menurunkan kolesterol LDL.
  19. Berkhasiat untuk Menurunkan tekanan darah tinggi.
  20. Berkhasiat untuk Membantu mencegah arteriosclerosis.
  21. Berkhasiat untuk Alat-alat sinergi tubuh.
  22. Berkhasiat untuk Meringankan wasir.
  23. Berkhasiat untuk Membantu menurunkan kadar gula darah rendah
  24. Berkhasiat untuk Meringankan penyakit kulit.
  25. Berkhasiat untuk Membantu menyembuhkan luka.
  26. Berkhasiat untuk Mengatasi keracunan makanan.
  27. Berkhasiat untuk Menyembuhkan luka tenggorokan.
  28. Berkhasiat untuk Membantu menyembuhkan sariawan.
  29. Berkhasiat untuk Perkelahian bau mulut.
  30. Berkhasiat untuk Membantu mengurangi migran.
  31. Berkhasiat untuk Mengurangi sakit gigi.
  32. Berkhasiat untuk Membantu tidur lebih nyenyak.
  33. Berkhasiat untuk Mengatasi stess.
  34. Berkhasiat untuk Meningkatkan mood dan mengurangi depresi
  35. Berkhasiat untuk Mengatasi nyeri otot dan sendi.
  36. Berkhasiat untuk Menyembuhkan jerawat dan bekas luka
  37. Berkhasiat untuk Menghilangkan bekas gigitan, luka bakar dan keracunan.
  38. Berkhasiat untuk Meringankan keseleo, otot dan ketegangan sendi.
  39. Berkhasiat untuk Meringankan sakit perut.
  40. Berkhasiat untuk penghilang rasa sakit hidung mampet .
  41. Berkhasiat untuk Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  42. Berkhasiat untuk Menyembuhkan peradangan.
  43. Berkhasiat untuk Meningkatkan komunikasi antara sel-sel.
  44. Berkhasiat untuk Mengatasi Kerusakan DNA.
  45. Berkhasiat untuk Membantu sistem kelenjar getah bening.
  46. Berkhasiat untuk Menjaga fungsi tiroid optimal.
  47. Berkhasiat untuk Mengurangi resistensi insulin.
  48. Berkhasiat untuk Membantu penurunan berat badan.
  49. Berkhasiat untuk Menyembuhkan kerusakan saraf.
  50. Berkhasiat untuk Menyeimbangkan sistem endokrin.
  51. Berkhasiat untuk Bentuk gigi dan tulang yang lebih kuat.
  52. Berkhasiat untuk Mencegah penyakit gusi.
  53. Berkhasiat untuk Memberantas TBC.
  54. Berkhasiat untuk Mengurangi efek samping dari intoleransi laktosa.
  55. Berkhasiat untuk Membantu mencegah disentri.
  56. Berkhasiat untuk Membantu mencegah penyakit sistem saraf pusat
  57. Berkhasiat untuk Membantu mencegah kemandulan.
  58. Berkhasiat untuk Membantu mencegah pembesaran prostat.
  59. Berkhasiat untuk Meringankan kesulitan buang air kecil.
  60. Berkhasiat untuk Sebagai pencuci perut dgn proses yang lembut.
  61. Membantu mencegah infeksi paru-paru dan pernafasan kronis cyctic fibrosis.
  62. Meringankan sakit akibat penurunan kepadatan tulang dan osteoporosis.
  63. Meringankan radang tenggorokan, emfisema, dan radang paru-paru pneumonia.
  64. Berkhasiat untuk Minimalkan gejala nyeri sebelum menstruasi.
  65. Berkhasiat untuk Dapat mencegah kanker.
  66. Berkhasiat untuk Mencegah gejala yang berhubungan dengan penyakit lupus.
  67. Berkhasiat untuk Mengurangi kelemahan otot penyakit yang parah.
  68. Berkhasiat untuk Meringankan rasa sakit  penyakit yg terjadi pada pergelangan tangan.
  69. Berkhasiat untuk Meringankan gejala menopause.
  70. Berkhasiat untuk Penurunan pembengkakan saat menstruasi.
  71. Berkhasiat untuk Meringkan sakit pada otot, ligamen, atau tendon.
  72. Berkhasiat untuk Meringankan Asma.
  73. Berkhasiat untuk mencegah gangguan perhatian defisit hiperaktif dan alergi makanan.
  74. Berkhasiat untuk Menghapus kulit kering dan bersisik.
  75. Berkhasiat untuk Anti-inflamasi dan penyakit kulit gatal / alergi
  76. Membantu mengobati penyakit kronis yang ditandai oleh aliran asam lambung.
  77. Mengurangi penyakit peradangan kronis yg menyerang struktur tulang belakang.  

Cara Mengolah sederhana Kulit Manggis

 Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya
  • Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. 
  • Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. 
  • Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari. 
  • Sebaiknya saat merebusnya jangan di wadah yang terbuat dari almunium, karena akan mengurangi khasiyat xanthone tersebut

Cara Membuat Jus Kulit Manggis.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya

  1. Kupas buah manggis dan ambil kulitnya saja.
  2. Dari bagian kulit manggis, ambil bagian daging kulit, bagian yang paling luar yang keras dibuang saja.
  3. Campur daging kulit manggis dengan air dan ethanol secukupnya dengan jumlah air 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ethanol. Kemudian haluskan dengan blender
  4. Diamkan selama satu hari penuh 24 jam hasil blender kulit manggis tadi.
  5. Saring hasil blender yang sudah disimpan selama satu hari untuk mengambil sarinya.
  6. Sudah siap dikonsumsi, untuk menambah rasa manis bisa ditambahkan madu secukupnya



 

Teh Kulit Manggis 

Agar pemanfaatan kulit manggis menjadi lebih mudah dan praktis ada yang membuatnya menjadi teh celup yang praktis dan higienis. Tinggal seduh dan minum. tanpa proses yang dapat menurunkan kandungannya sehingga teh celup cenderung masih alami tetapi sudah praktis.
HATI-HATI :
Kulit Buah Manggis juga mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Sehingga kadang muncul kasus akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti Gangguan pada Kesehatan Ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya, kalau muncul kasus seperti ini segera hantikan pemakaian dan hubungi dokter. Sebaiknya anda mengkonsumsi sirup xanthone yang sudah jadi dan sudah ada lebel ijin produksi dan disetujui oleh dinas kesehatan. Semoga Manfaat kulit manggis diatas, bisa bermanfaat. Salam sehat selalu



KHASIAT SIRSAK



Khasiat atau manfaat buah dan daun sirsak


       Pepatah bilang “ tak kenal maka tak sayang”  Sebelum mengulas lebih jauh ada baiknya jika kita mengenal lebih detail buah sirsak ini. Menurut sumber wikipedia indonesia buah Sirsak disebut juga nangka belanda atau durian belanda  dengan nama latin Annona muricata L merupakan tumbuhan kaya manfaat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam saun sirsak mengandung senyawa Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Acetoginin ini dalam senyawa yang tinggi berfungsi sebagai anti feedent. Hama sekalipun enggan memakan daun pohon sirsak, dalam konsentrasi rendah bisa menyebabkan hama serangga yang memakannya akan mati.
       Di negara kita sendiri buah sirsak dikenal dengan berbagai sebutan yaitu nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") menandakan bahwa buah ini masuk ke Indonesia pada masa pemerintah kolonial Hindia-Belanda menginfasi Nusantara pada abad ke-19. Berikut ini adalah manfaat buah dan daun sirsak untuk pengobatan dan kesehatan.

KANDUNGAN

      Buah sirsak mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
 Sementara itu kandungan lain yang terdapat pada buah sirsak adalah Mineral, yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis atau tulang kropos.
 Bukan hanya gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.
Jika kita mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak maka kita sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.


Khasiat atau Manfaat Daun Sirsak

 Manfaat daun sirsak dan juga manfaat buah sirsak untuk obat dan kesehatan lengkap di bahas disini. Sirsak dikenal sebagai buah yang nikmat untuk diminum. Sebagian besar dari kita tidak menyadari ternyata buah sirsak memiliki begitu banyak manfaat untuk pengobatan. Tidak hanya itu saja, bahkan daun dari pohon sirsak pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan.
1. Mengobati Kanker
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Purdue University Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun sirsak ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker. Pada penelitian tersebut membuhktikan bahwa daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang diklaim dapat diobati adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainya. Cara yaitu ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas air, minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu
2. Mengobati Asam Urat
Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Caranya sangat mudah yaitu dengan daun sirsak yang sudah cuku tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah 1 gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.
3. Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Sakit Pinggang.
Jika kamu mempunyai masalah dengan pinggang kamu, cobalah untuk membuat ramuan daun sirsak ini. Ambillah 20 lembar daun sirsak lalu rebuslah dengan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah ¾ gelas ramuan ini 1 kali sehari.
4. Membantu system kekebalan tubuh dan menghindari infeksi.
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.
5. Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Eksim dan Rematik.
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik  atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.
6. Manfaat daun Sirsak untuk mengobati Bisul.
Petiklah daun sirsak yang masih muda kemudian tempelkan pada tubuh terkena bisul.
    
7.  Membantu menyehatkan jantung
8.  Membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah
9.  Membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi
10. Mampu menghambat pertumbuhan bakteri
11. Membantu menghambat perkembangan virus dalam tubuh
12. Membantu menghambat perkembangan parasit
13. Membantu menghambat pertumbuhan tumor
14. Membantu merileksasi oto-otot dalam tubuh
15. Mampu menjadi obat anti kejang
16. Membantu meredakan nyeri
17. Mampu mengobati dan menekan adanya peradangandalam tubuh
18. Mampu membantu untuk menurunkan demam
19. Menguatkan saraf
20. Membantu melebarkan pembuluh darah pada tubuh
21. Membantu untuk membunuh cacing parasait
22  Menguatkan dan melancarkan pencernaan serta meningkatkan nafsu makan.
Itulah beberapa manfaat daun sirsak yang dapat anda jadikan rujukan pengobatan tradisional.
Namun yang penting manfaat tersebut akan berarti  jika anda mengkonsumsi ramuan daun sirsak secara rutin setiap hari :
Manfaat Buah Sirsak
 Berbagai khasiat atau manfaat buah sirsak untuk obat dan kesehatan lengkap di bahas disini.Sirsak untuk terapi tradisional antara lainuntuk pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).
 Manfaat lainya yaitu:
 1. Mengobati Bayi Mencret (diare).
 Siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
 2.  Mengobati Ambeien.
 Peras buah sirsak yang sudah masak, ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.
 3. Mengobati kencing sedikit sedikit (Anyang-anyangen).
 Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum airnya.
 4. Sakit Kandung Air Seni.
 Siapkan buah sirsak yang setengah masak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan hal tersebut rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
 5. Mengobati Penyakit Liver.
 Untung mengobati liver maka anda puasa makanan makanan lain. Anda hanya perlu meminum juice sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan.


HERBAL SIRSAK

KHASIAT BINAHONG

Binahong dalam bahasa latinnya disebut Anredera cordifoliaBinahong lebih dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat dari daratan Cina dengan nama asli Dheng San Chi.  Maklum saja, kapsul serbuk binahong yang sudah di ekstrak mudah didapatkan di toko obat Cina atau di apotik. 
     Berbagai sumber mengatakan bahwa tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, Cina bahkan ada yang mengatakan dari Korea.Tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias, juga bisa langsung di pekarangan rumah sebagai tanaman apotik hidup, atau karena merambat bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang berfungsi sebagai gapura (gendola) yang melingkar di atas jalan menuju rumah atau taman.
    
Pada umumnya binahong sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya, namun juga bisa  Perkembang biakkannya  tumbuhan ini dengan cara Generatif  ( biji )
     Binahong merupakan tanaman super yang sangat multi guna dari bisa digunakan untuk penyembuhan hampir untuk semua penyakit. Dia bisa dipadukan atau diracik bersama dengan berbahagai tanaman obat tradisional.lain dan bahkan dalam pengobatan pasca bedah / operasi banyak yang mengkonsumsi kapsul herbal binahong. Karena khasiatnya yang sangat ampuh mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi. Disamping kami juga telah membuktikan sendiri dari kandungan khasiatnya.

      Binahong merupakan tumbuhan yang menjalar, berumur panjang (perential), bisa mencapai panjang ± 5 m, berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.
      Bentuk bahagian daunnya adalah tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.
      Bentuk daripada bunganya adalah majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna cream keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum .
      Bentuk daripada Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak dan umbinya .berwarna putih kehitaman.

Khasiat TANAMAN SUPER Binahong

     Kami sangat terkesan sekali mengenai khasiat binahong dari pengalaman langsung di keluarga maupun di lapangan ( masyarakat ) baik manfaat dari daun, batang maupun umbi dan bunganya, semua bisa dimanfaatkan untuk pengobatan,  namun harus berbekal telaten dan sabar serta harus banyak berdo'a agar cepat sembuh dari penyakitnya. Karena tanaman ini yang begitu super lengkap penggunaannya untuk berbagai macam penyakit baik dipakai sebagai pencegahan ataupun berfungsi untuk pengobatan, banyak artikel mengatakan sebagai tanaman atau daun AJAIB BINAHONG.

CARA PEMAKAIAN DAUN BINAHONG
     Daun Binahong adalah jenis tanaman yang amat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa lembar daunya bisa langsung dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah di buat jus atau diblender. Namun hanya bisa bertahan 4-6 jam dan sebaiknya langsung diminum, kalau sudah berbau basi jangan diminum. Berikut ini khasiat dari daun binahong tersebut dapat disimak dibawah ini :

A. Penyakit RINGAN
  • Jerawat                 :  9 lembar daun diminum setiap hari 
  • Luka memar / lecet : 7 lembar daun diminum setiap hari  / Dioleskan  
  • Gatal-gatal / alergi / eksim kulit : 10-15 lembar  daun diminum setiap hari 
  • Maag / gastritis     :  3 lembar daun diminum setiap hari
  • Penghangat badan     :  5 lembar daun diminum setiap hari
  • Hidung mimisan         :   4 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bedah / operasi : 19 lembar daun diminum setiap hari
  • Luka bakar   / khitan         : 11 lembar daun diminum setiap hari
  • Kecelakaan / benda tajam  : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Disentri lendir / darah  : 10 lembar daun diminum setiap hari 
  • AmbIen berdarah   : 16 lembar daun diminum setiap hari
  • Gusi berdarah     :  4 lembar daun diminum setiap hari
  • Sariawan  : 5 lembar daun diminum setiap hari 
  • Kurang nafsu makan :  5 lembar daun diminum setiap hari
  • Melancarkan haid         :  3 lembar daun diminum setiap hari
  • Habis bersalin / nifas :  7 lembar daun diminum setiap hari
  • Menjaga stamina tubuh  :  1 lembar daun diminum setiap hari
  • Diare / buang air besar  : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Lemah syahwat         : 3-10 lembar daun diminum setiap hari.
  • Sembelit    :  7 lembar daun diminum setiap hari   
B. Penyakit BERAT
  • Batuk Brokhithis / ispa : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Thypus  : 10 lembar daun diminum setiap hari  
  • TB paru   : 10 lembar daun diminum setiap hari
  • Diabetes / Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
  • Asma / Sesak nafas : 7   lembar daun diminum setiap hari
  • Borok  : 12 lembar daun diminum setiap hari
  • Patah tulang : 10-20 lembar  daun diminum setiap hari
  • Darah rendah : 9  lembar daun diminum setiap hari
  • Radang ginjal   : 7   lembar daun diminum setiap hari
  • Kolesterol : 9 lembar  daun diminum setiap hari
  • Gegar otak ringan / berat : 10 lembar daun diminum setiap hari. 
  • Stroke  :  7 lembar daun diminum setiap hari dan bisa dengan ramuan lain     
  • Remathik  :  12 lembar daun diminum setiap hari dan bisa dengan ramuan lain   
  • Tumor, kanker, Gondok dan Amandel :  11  lembar daun diminum setiap hari dan dicampur dengan ramuan lain   
 
CARA PEMAKAIAN UMBI
Untuk pemakaian dalam, ambil rhizoma (umbi) 3 biji bila besar, kalau umbinya kecil  5 / 7 biji umbi, lalu dicuci bersih, kemudian di iris tipis-tipis dan direbus dengan 3 gelas air, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Usahakan kalau merebus jangan pakai panci almunium. Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, thypus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, rematik, asam urat dan sakit pinggang.

Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mg dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, perawatan kulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan umpama perbandingan ganjil: 7, 9, 11 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.




CARA PEMAKAIAN BATANG

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, perawatan kulit.

Batangnya untuk vitalitas keperkasaan kaum adam / mengatasi kelemahan laki-laki, caranya diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Cara lain dicampur dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) dtambah kuning telur dan madu 1 sendok makan diminum rutin tiap malam selama satu minggu.


CARA PEMAKAIAN BUNGA
Ambil Bunga yang masih segar 1 tangkai, usahakan bunganya jangan rontok, caranya direbus dengan air satu gelas menjadi seperempat atau setengah gelas diminum berkhasiat untuk menyuburkan kandungan.


KUMPULAN RESEP DENGAN BINAHONG
Bengkak dan berdarah karena jatuh atau tergores
     Bisa ditumbuk atau dilumatkan Daun Binahong 3 lembar / 7 lembar dan batangnya atau lebih tergantung bengkak atau lukanya. Caranya : Oleskan pada yang bengkak atau kompreskan pada luka secara merata
Lakukan berulang kali apabila luka masih basah atau kondisi luka yang parah

Resep olahan tumbuhan binahong untuk pasca operasi
     Agar bekas luka operasi cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram.  Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Kita bisa menambahkan sedikit daun sereh. kunyit putih secukupnya atau gula batu bila suka. Minum 2-3 kali sehari 
  
Resep untuk penyakit gatal, alergi, eksim dll
    Ambil daun binahong 7  lembar, 3 siung umbi kunir putih lalu diris atau diparut dan bisa ditambahkan daun sambiroto 11 lembar dan direbus 3 gelas air akan lebih mustajab khasiyatnya. Minum 3 kali sehari. l;ebih baik tambah madu 1 sendok saat minum ramuan tersebut .

Resep untuk pengobatan Tumor,  Kanker, Gondok dan Amandel
    Dengan khasiatnya dapat membantu kelancaran proses metabolesme dalam tubuh dan menambah stamina, juga memperbaiki jaringan yang sempat rusak, sehingga perkembangan sel kanker dapat dihambat oleh kandungan zat tanaman ajaib ini. Caranya sangat bervariasi : 
Ramuan 1 : ambil daun binahong 11 lembar, kunir putih 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, 7 / 9 irisan mahkota dewa. Lalu di rebus dengan 3 gelas air, dan sisakan separuhnya. Diminum 3 kali sehari dengan madu murni tiap minum 1 sendok makan..  
Ramuan 2 : untuk kanker rahim dengan perdarahan, ramuan diatas dapat ditambahkan Daun sirih 3 / 7 lembar dan daun sambiloto 12 lembar
Ramuan 3 : untuk semua jenis Tumor dan  kanker : ambil daun binahong 11 lembar, kunir putih 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, temulawak 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis.  Lalu di rebus dengan 3 gelas air, dan sisakan separuhnya. Diminum 3 kali sehari. Dan buat ramuan terpisah, cari keladi tikus 3 tanaman batang, umbi dan daunnya yang sudah berbunga, cuci bersih, ambil air yang sudah mendidih secukupnya dan masukkan beberapa saat. Lalu buat jus atau tumbuk halus, lalu diperas dan disaring. Usahakan saringan dan sendok dari plastik, diminum 3 kali sehari dan madu murni 1 sendok makan. Perlu diingat bahwa keladi tikus yang segar sedikit ada rasa gatal,  dapat diatasi dengan air gula atau madu.    
Untuk penyakit Gondok dan Amandel  : ambil daun binahong 11 lembar, kunir putih 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, temulawak 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, Benalu mangga 7 lembar, Benalu Jeruk nipis 7 lembar, dan Benalu Kelor (Bhs Jawa) 7 lembar, semua direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih sisakan separuhnya. Diminum 3-4 kali sehari, tiap minum campur madu 1 sendok makan. Bila tidak ada 3 jenis benalu diatas dapat diganti dengan daun mahkota dewa 7 lembar atau buahnya 7 iris namun merebusnya dengan 3/4 gelas air saja. Untuk gondok bisa dibuatkan  ramuan obat luar dengan dikompreskan ke bagian yang sakit dengan bahan : Daun Cereme 7 tangkai, daun simbar menjangan dan daun sirih temu rose 3 lembar semua ditumbuk halus, dipakai saat istirahat siang dan menjelang tidur malam. Insya Alloh sembuh...... 
    
Resep untuk pengobatan  Asma ( sesak napas ), radang paru, Liver dan  Jantung
     Untuk sesak napas dan radang paru. Usahakan daun binahong dimakan 3 lembar tiap malam, dikonsumsi  selama 3-4 minggu, bila dipadukan dengan jahe 3 ibu jari, kencur 3 ibu jari dan 1/3 batang lengkap dengan daunnya patikan kebo, semua direbus 3 gelas air dan diminum 3/7 sendok dulu paling banyak 1/2 gelas 3 kali sehari.  khasiatnya nyata sesak napas Insya Alloh hilang dan stamina terjaga. Bisa ditambahkan madu 1 sendok
Untuk Liver ambil daun binahong 9 lembar, kunir putih 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, temulawak 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis.  Lalu di rebus dengan 3 gelas air, dan sisakan separuhnya. Diminum 3 kali sehari. 
Untuk Jantung ambil daun binahong 9 lembar, kunir putih 3 umbi yang agak besar / 7 ibu jari bila kecil dan di iris tipis, daun pecah piring 7 lembar, direbus 3 gelas air diminum 3 kali sehari bersama madu murni 1 sendok makan  



Sumber :http://tips-polahidupsehat.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar